Tips Membuat CV Dengan Benar Supaya Rekruter Melirik

Sekedar informasi faktanya terbilang tidak sulit untuk menggaet perhatian para rekruter agar Anda mereka panggil untuk interview. Hal ini selama Anda mempelajari bagaimana cara untuk membuat CV menarik melalui tips membuat curriculum vitae terbaik.

Tak jarang tim HRD sebuah perusahaan hanya butuh waktu 10 detik saja dan mereka dapat menemukan curriculum vitae yang baik atau sebaliknya sehingga layak untuk mereka panggil dalam tahap wawancara. Karena itulah Anda perlu menemukan tips jitu sehingga bisa bersaing dengan kandidan pengirim CV Lainnya.

Inilah 3 Cara Membuat Curriculum Vitae Agar Menarik

1. Membuat CV yang singkat, jelas dan padat

Adapun tips membuat curriculum vitae yaitu membuatnya sejelas mungkin. Kendati demikian CV yang bagus yaitu daftar riwayat hidup yang padat, singkat serta jelas untuk singkatannya. Hal ini bertujuan agar tak membingungkan pihak recruiter. Karena itulah usahakan untuk para pelamar membuat CV seringkas mungkin serta jangan sampai mencapai dua halaman lebih.

Anda bisa memasukan deretan data pribadi dengan singkat dan jelas pada tiap kolomnya. Kalau hendak memasukkan berupa deskripsi diri, usahakan untuk menonjolkan kelebihan maupun kekurangan langsung sehingga tak begitu panjang lebar.

2. Mencantumkan pengalaman kerja yang relevan

Adapun tips membuat curriculum vitae berikutnya sehingga CV itu bisa menarik yaitu memilah mana saja pengalaman yang hendak kandidat masukkan. Selain itu pastikan pengalaman itu memiliki relevansi tinggi terhadap posisi yang tengah di lamar. Misalnya saja Anda hendak melamar untuk bagian graphic designer. Selain itu Anda sempat bergabung dalam sebuah proyek desain membuat logo perusahaan itu sendiri.

Pengalaman itu bisa kandidat masukkan dalam CV supaya mendapatkan nilai tambah dari tim rekrutmen. Sedangkan bagi lulusan baru atau fresh graduete Anda dapat memasullam soft skill ataupun hard skill yang sudah begitu dikuasi saat masa perkuliahan.

3.Memakai kata-kata yang mempunyai kekuatan

Pada dasarnya cara paling baik dalam tips membuat curriculum vitae yaitu memperhatikan pemilihan kata yang hendak digunakan. Karena itulah pastikan untuk memilih kata-kata yang di dalamnya terdapat power Spot. Sebab kata-kata yang kandidat pilih dalam CV nantinya begitu berpengaruh terhadap penilaian dari tim recruiter.

Adapun kata-kata itu bisa berupa kata kreatif yang menggantikan pekerja keras. Seperti yang diketahui, kata berbunyi pekerja keras kerap dipakai dan sering membuat HRD merasa bosan saat melihatnya. Coba Anda bayangkan kalau memakai kata misalnya kreatif. Secara otomatis HRD nantinya melihat Anda sebagai salah satu orang berkreativitas tinggi serta dapat mengembangkan perusahaan di masa mendatang. Jadi penting untuk kandidat pastikan memilih kata-kata tepat lalu dimasukkan dalam CV.

4. Mengecek tata bahasa

Apa pun jenis bahasa yang kandidat pilih untuk mereka tuliskan dalam CV penting untuk memastikan tulisan tersebut dari kesalahan grammer maupun typo. Kedua permasalahan tersebut kerap terjadi di sebuah CV terlebih kalangan baru lulus atau kita kendal dengan istilah fresh graduate. Agar mengantisipasi kesalahan typo, grammer dan banyak lagi. Anda dapat membaca ulang dengan perlahan-lahan ataupun meminta bantuan orang lain.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204