Solusi Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Dengan Mudah

Halo jumpa lagi dengan kita yang akan membahas informasi seputar teknologi. Salah satunya adlaah cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca. Mungkin sering kali kamu kesulitan kenapa flashdisk masuk tapi tidak terbaca? apakah flash disk yang rusak bisa diperbaiki? Yuk simak baik-baik artikel ini ya.

Flashdisk tidak terbaca di laptop adalah maslaah yang sering kita alami. Apalagi saat ini, di dalam flashdisk terdapat berbagai file penting yang harus kita keluarkan untuk kita cek. Tentu hal ini akan membuat kita pusing dan stress.

Begitu juga masalah flashdisk tidak terbaca di mac untuk kamu pengguna MacBook. Atau untuk kamu yang sedang menyetir, pasti juga menjumpai masalah flashdisk tidak terbaca di mobil. Tentu hal ini bikin kamu badmood karena tidak bisa mendengarkan music di dalam mobil.

Flashdisk tidak terbaca cmd pun juga menjadi masalah kita saat memperbaiki flashdisk kita. Apalagi flashdisk tidak terbaca di windows 7 yang padahal kita sedang menggunakan Windows 7 OS laptop kita.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, agar perangkat kita bisa membaca data di dalam flashdisk. Tentu hal ini menjadi solusi bagi kita yang sedang membutuhkan file di dalamnya. Beberapa cara itu di antaranya adalah sebagai berikut:

Cek Port USB Laptop

Jangan salahkan flashdisk kamu dulu. Karena bisa saja hal port USB ada masalah, sehingga tidak mampu membaca flashdisk tersebut. Kamu bisa coba colokkan flashdisk ke port USB lain atau ke laptop lain. Jika laptop tersebut mampu membaca flashdisk tersebut dengan Port yang berbeda, bisa kita pastikan bahwa Port USB tadi sedang ada masalah.

Port USB yang sedang masalah ini kemungkinan karena logam di dalamnya mengalami eror atau rusak. Sehingga, logam tersebut tidak bisa menerima data dalam flashdisk.

Instal Ulang Driver USB

Masih tidak perlu menyalakan flashdisk terlebih dahulu. Port USB tidak rusak, ok. Bisa saja Driver USB sedang eror atau ada problem di dalamnya. Jadi, kamu perlu cek Driver USB di dalam laptopmu. Mungkin saja ada beberapa hal yang tidak sengaja kamu klik, sehingga tidak bisa membaca flashdisk.

Kamu bisa cek lewat pengaturan laptop atau control panel pada laptop kamu. Atau cara yang paling ampuh adalah melakukan install ulang driver USB kamu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Colokkan flashdisk pada laptop
  • Buka menu Control Panel
  • Pilih Hardware and Sound
  • Kemudian pilih menu Driver Manager
  • Cari tulisan ‘Universal Serial Bus Controller’ atau USB Control
  • Buka dan cari perangkat USB Mass Storage Device, biasanya terdapat peringatan tanda seru
  • Klik kanan dan pilih Uninstall.
  • Cabut flashdisk kamu, dan colokkan kembali

Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di CMD

Untuk kamu yang coba membaca data di flasdhdisk menggunakan CMD, berikut cara mengatasinya, jika CMD tidak bisa membaca data di dalam flashdisk.

  • Colokkan flashdisk ke laptop
  • Buka command prompt atau CMD, caranya klik Start dan ketik ‘cmd’ lalu enter
  • Jika flashdisk bernama folde ‘H’ kamu tinggal ketik ‘H’ di command prompt tersebut
  • Nanti akan muncul dua opsi yaitu Y/N, silahkan pilih Y

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah, jangan menyalahkan flashdisk terlebih dahulu sebelum mencoba beberapa cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di atas. Jika beberapa cara di atas masih belum berhasil, kamu bisa coba cara lain.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Prabowo Sakti
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 205

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *