Perbedaan WordPress.org vs WordPress.com, Mana Yang Lebih Bagus?

WordPress untuk saat ini merupakan pilihan CMS untuk blogging terfavorit, karena apa? Banyak sekali fitur-fitur yang memudahkan kita untuk membangun website, namun sayangnya masih banyak yang kurang tahu perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org

Jadi saya akan memberikan penjelasan sesederhana mungkin agar kalian mudah memahami apabila kalian masih pemula dalam dunia website.

Sebelum itu saya ingin mengatakan bahwa, wp.org merupakan wordpress yang mewajibkan harus membeli domain dan hosting untuk membuat situs web, berbeda dengan wp.com kamu diberikan akses secara gratis namun bedanya adalah fitur yang disediakan sangatlah terbatas.

Perbedaan Ekstensi Domain

Perbedaan untuk domain sangat signifikan, jika kamu menggunakan wordpress.com untuk membuat website, kamu akan diberikan sub domain gratis contoh:

domainkamu.wordpress.com

Sedangkan apabila menggunakan wordpress.org kamu gak bisa mendapatkan domain secara gratis, kalian diharuskan untuk membeli domain terlebih dahulu agar situs tersebut bisa jalan.

Namun jika menggunakan vps, kita bisa menggunakan alamat IP vps menjadi nama domain tanpa harus beli.

Theme

Setelah saya menggunakan wp.com ternyata untuk menggunakan theme tidak bisa leluasa seperti kamu gak bisa install theme popular seperti generatepress, neve, zakea. Memang disediakan beberapa theme gratis sayangnya kita tidak bisa edit html template tersebut.

Berbeda dengan blogspot, kita bisa mengoptimalkan SEO situs kita dengan cara menambahkan berupa schema dan breadcrumb. Jadi jangan terlalu berharap besar jika kamu menggunakan wp.com

Baca: WordPress Vs Blogspot, Mana Yang Lebih Bagus?

Jadi lebih baiknya adalah pilihan untuk membuat blog secara gratis harus menggunakan blogspot agar situs kalian lebih optimal dalam segi optimasi dan SEO.

Plugin

Point inilah yang memiliki perbedaan signifikan, alasannya adalah kamu benar-benar di wajibkan harus upgrade akun ke tipe bisnis agar bisa menggunakan plugin, entah itu biasa upload maupun direktori wp.com

Berbeda dengan wp.org kamu bisa leluasa untuk upload dan install plugin.

Tentu saja ini merupakan masalah yang sangatlah besar, plugin bagi saya adalah sebuah alat bantu penunjang website agar kita lebih dimudahkan untuk mengelolanya, oleh karena itu tidak disarankan untuk kamu yang sudah terbiasa dengan wordpress.org pindah ke wordpress.com

Penutup

Jadi pada dasarnya adalah wp.org lebih baik daripada wp.com entah itu dari harga maupun keleluasaan yang diberikan.

Contohnya ketika upgrade akun bisnis yang begitu mahal untuk mengakses fitur dimana bisa upload theme dan install plugin sesuka hati, sedangkan dengan wp.org kamu cukup menyewa hosting murah bisa mendapatkan fitur-fitur tersebut dengan mudah dengan catatan bahwa kamu lah yang bertanggung jawab sepenuhnya dalam mengelola.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204