Perbedaan Alibaba Dan Aliexpress Secara Lengkap

Banyak orang beranggapan alibaba itu sama dengan aliexpress, tapi nyatanya? ya emang aliexpress merupakan bagian dari alibaba grup, lantas yang membedakan apa?

Alibaba:

  1. Supplier menentukan minimal pembelian
  2. Kalian harus mengurus sendiri, masalah pajak, dan transportasi pengiriman.
  3. Menggunakan sistem permintaan (jadi kalian tidak bisa langsung order seperti aliexpress)
  4. Pembayaran hanya mendukung pembayaran internasional, seperti debit card, credit card, wire transfer, dan paypal.
  5. B2B, apa itu b2b? yang artinya bisnis to bisnis, oleh karena itu barang di alibaba lebih murah daripada aliexpress dengan syarat harus membeli partisi yang besar atau istilah nya membeli produk sekaligus banyak.

Aliexpress:

  1. Pembayaran mendukung alfamart, indomaret, dan juga qris.
  2. Lebih mudah masalah pengurusan pajak, karena sudah dijadikan satu menjadi estimasi pembayaran, jadi dari pihak aliexpress yang mengurus di kantor kepabean masalah bea cukai.
  3. Tentu saja mahal, karena aliexpress merupakan situs jual-beli bertujuan untuk konsumen, jadi gak cocok buat kalian yang ingin jual kembali barang hasil import dari aliexpress.
  4. Beli bisa satuan.

Penjelasan Alibaba

Perlu kita ketahui dulu, kebutuhan kalian untuk beli barang itu hanya dipakai sendiri atau di jual lagi? jika misalnya untuk di jual lagi, alibaba merupakan pilihan paling tepat, karena jika melihat-lihat produk atau barang yang dijual di alibaba rata-rata tidak bisa dibeli satuan. Mungkin ada supplier alibaba yang menjual satuan, tapi itu sangatlah jarang.

Baca: Cara Beli Di Alibaba Tanpa Jasa

Alibaba sama amannya dengan aliexpress, tahu kan? jika kalian membeli barang disuatu situs terpercaya harus menggunakan pembayaran di dalam situs jual-beli tersebut? layaknya ecommerce indonesia, kalian bisa me-refund kembali produk yang kalian order dan sampai.

Namun tetap saja, kalian akan rugi jika kejadian refund terjadi, karena apa? fee pembayaran tidak bisa dikembalikan ke dana yang sudah di refund, memerlukan ongkos kirim untuk pengiriman ke china atau alamat supplier.

Makanya dari itu, setiap barang yang kalian beli dalam jumlah besar harus membutuhkan sampel, agar kamu tahu kualitas produk yang ingin kalian beli? lalu sampel itu apa, secara sederhana sampel merupakan produk atau barang yang dijadikan contoh oleh supplier untuk calon pembeli? apakah sampel gratis? ya tentu saja tidak, kalian tetap dikenakan biaya harga barang, pajak, ongkos kirim.

Penjelasan Aliexpress

Pada dasarnya, kalian diberikan kemudah melalui aliexpress untuk metode pembayaran serta pengiriman barang yang akan dikirim ke alamat kamu, lantas apakah layak kita membeli di aliexpress? jawabannya iya dan tidak, karena apa? yang pertama barang yang kalian berhasil beli tentu saja lama akan sampai ke alamat tujuan itu untuk jawaban tidak nya.

Untuk iya nya, yaitu banyak produk yang gak ada di toko ecommerce lokal namun ada di aliexpress, lain cerita jika kalian menemukan produk di tokopedia atau shopee lebih baik kalian membeli barang dari antara kedua situs tersebut, jika kalian orang nya lebih mementingkan waktu pengiriman, namun kalian tidak perduli dengan barang sampai kapan, pilihan terbaik adalah aliexpress.

Lebih Baik Mana, Antara Alibaba Dan Aliexpress?

Jika kita lihat dari penjelasan saya dari kedua situs China tersebut, ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tinggal pilih kebutuhan kalian seperti apa? Untuk pribadi tentu saja pilih Aliexpress jika emang di situs lokal gak ada barang nya.

kalo untuk di jual atau reseller lagi, pilihannya tentu saja Alibaba, karena lebih murah dengan syarat membeli barang dengan jumlah yang besar sekaligus.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204