Pengalaman Tombol Token Listrik Tidak Berfungsi

Pernah kejadian suatu ketika saya mengontrak dikontrakan namun tombol atau keypad token listrik saya tidak bisa ditekan, tentu saja ini membuat saya panik, mana pulsa tokennya tinggal dikit dan mau mati dan akhirnya saya hemat-hemat sampai sore.

Tapi sebelum itu saya udah coba sampe beberapa jam dan istirahat lalu mencobanya lagi, sekitar jam 23:00 sampai pagi (ada jeda istirahat) setelah pagi saya putus asa karena tombol 0 nya tidak berfungsi.

Kebetulan ibu kontrakan selalu setiap pagi membukakan pintu kontrakan yang kosong agar udaranya selalu berganti, lalu saya mengatakan lah bahwa keypad nya tidak berfungsi dan akhirnya anaknya datang untuk ngecek apakah berfungsi atau tidak.

Setelah dicek bahwa tombol token listrik nya tidak bisa dipencet bagian tombol 0, akhirnya si anak dari ibu kontrakan menelepon petugas PLN untuk di cek dan diperbaiki.

Setelah petugas datang saya diberitahu bahwa listriknya akan di loss (dibebaskan) walaupun saya bingung apa maksudnya loss, karena saya agak paham bahasa Inggris, yang di otak saya pikirannya bahwa listrik akan di cabut.

Kaget kan saya dalam hati, namun sebelum saya ingin menanyakan maksudnya Listriknya di loss itu gimana, ternyata petugas PLN bilang “ini listriknya di loss dulu atau dibebaskan”, akhrinya saya tenang.

Karena khawatir Dalam hati tidak akan bisa menggunakan listrik sampai besok atau seminggu, namun pada saat pembebasan listrik. Saya ditanya “apa beli token listrik?” Saya jawab “iya Pak, yang 50 ribu)”

Setelah itu saya tunjukkan nomor tokennya dari HP lalu di foto oleh petugasnya.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi tombol token listrik rusak?

Mengatasi tombol token listrik tidak berfungsi dengan cara memanggil petugas PLN
Pln

Cukup sederhana apabila kamu mengontrak, alangkah lebih baiknya mengatakan kepada yang punya kontakan setelah itu pasti akan di telepon petugasnya untuk mengecek apa kendalanya, jika memang keypad nya tidak bisa di pencet, tentu saja akan di loss terlebih dahulu. Usahakan siapkan nomor token yang sudah kemudian beli.

Apabila kamu itu tidak mengontrak dan memiliki rumah sendiri, silahkan telepon ke nomor customer service PLN di (021) -123

Saya kurang tahu apakah menelepon ke customer service PLN dikenakan biaya atau tidak, untuk jaga jaga alangkah baiknya menyiapkan pulsa dan catatan dimana alamat kamu dan nomor token listrik kamu.

Cara mencegah tombol tidak berfungsi kembali.

Setelah saya diinformasikan bahwa penyebab biasanya itu adalah semut, karena memang ada semut yang suka pada barang elektronik karena bagi mereka barang elektronik merupakan sarang yang aman.

Jarang ada predator dan bahkan nyaman karna mudah dimasuki oleh banyak semut sekaligus, jadi solusi yang saya berikan adalah

  • Gunakan kapur anti semut mengelilingi meteran.
  • Hindari meteran terkena matahari langsung agar tidak terjadi pemuaian.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204