4 Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Berbagai Jenis HP 100% Work

Semakin canggih teknologi akan memudahkan kita untuk melakukan apapun tidak seperti Handphone jadul seperti nokia yang sangat terbatas untuk fitur-fitur yang disediakan, berbeda dengan handphone sekarang yang mempermudah bagi pengguna nya, entah itu melakukan pekerjaan sehari-hari, untuk bermain game, atau bebas mengakses yang kita mau, bahkan menyembunyikan aplikasi pun bisa.

Peringatan !!!

Jika kalian menyembunyikan aplikasi di smartphone dan mengunci nya itu akan mengakibatkan kalian kesusahan dalam mengakses kembali dan bisa lupa sandi. Jadi pikir pikir kembali untuk melakukan hal ini

Lanjut ketopik, sebenarnya saya membuat artikel ini untuk menyembunyikan aplikasi di HP xiaomi, tapi setelah saya pikir ternyata work juga di HP lain seperti samsung, realme, vivo, dan oppo dengan cara menggunakan aplikasi dari playstore, tapi untuk xiaomi bisa menggunakan app sistem atau dari pihak ketiga.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Xiaomi

cahdeso.id

Tidak bisa dipungkiri kita sebagai orang indonesai tidak ingin yang ribet ribet, tidak terkecuali menyembunyikan aplikasi saja ingin mendownload aplikasi penyembunyi aplikasi tambahan. Cara nya cukup mudah apabila di hp kalian memiliki fitur ini seperti di xiaomi,

Langkah-Langkah Menyembunyikan Aplikasi Menggunakan Fitur Bawaan:

  1. Pergi ke pengaturan android
cari menu pengaturan di hp kamu untuk menyembunyikan aplikasi menggunakan fitur sistem

2. Cari menu apl seperti yang ada di gambar bawah ini

cari menu apl untuk menyembunyikan aplikasi

3. Setelah ketemu tampilan nya seperti ini, lalu pilih kunci aplikasi.

pilih menu kunci aplikasi di hp xiaomi kamu

4. Setelah melakukan setup password, kalian akan melihat tampilan seperti ini lalu pilih bagian apl tersembunyi

setelah set password, kamu akan ditampilkan seperti ini pilih menu "apl tersembunyi"

5. Jika sudah klik tab, tinggal centang atau klik aja aplikasi yang ingin kalian sembunyikan.

4 Rekomendasi Aplikasi Untuk Sembunyikan Aplikasi Di Android Yang Bisa Kalian Coba

Cukup mudah bukan? menggunakan fitur bawaan xiaomi? lebih aman dan mudah jika melakukan seperti ini, tapi ada lho selain ini, yaitu menggunakan penyembunyi aplikasi dari playstore seperti

  • Applock Aplikasi

di daftar pertama adalah applock, saya merekomendasikan nya karena mudah dan cepat tanpa ribet untuk menyembunyikan aplikasi kamu, bahkan bisa mengunci data pribadi dan file yang lain di hp kamu.

  • PrivateMe

Kalian bisa menyembunyikan aplikasi tanpa root menggunakan PrivateMe, jadi gak perlu khawatir yang memiliki hp jadul kalian juga bisa karena diklaim bahwa compatibel dengan smartphone lama seperti versi android lolipop atau di bawah nya.

  • Apex Launcer

Walaupun ui tapi ada fungsi lain lho, yaitu sembunyikan aplikasi dengan apex launcher jadi kalo misalnya kalian ingin menyembunyikan aplikasi tapi tidak ingin terlalu ketahuan bisa menggunakan apex launcher jadi cocok sebagai alternatif selain private me.

  • Hide App

Ini adalah aplikasi yang paling di rekomendasikan oleh pengguna lain, penggunan yang simpel dan gratis untuk sembunyikan aplikasi di android bahkan banyak metode password nya seperti pin, pola, dan sandi. Jadi gak perlu khawatir jika aplikasi kamu di lihat oleh orang lain.

Apakah Ada Dampak Menyembunyikan Aplikasi?

Setelah membaca cara diatas sudah paham, bukan? tentang sembunyikan aplikasi di android? memang perlu diakui kita akan di mudahkan jika smarphone yang kita punya memiliki fitur bawaan penyembunyi aplikasi, jadi agar kita tidak di buat ribet dengan mendownload aplikasi pihak ketiga.

Namun sebenarnya apakah ada dampaknya? kalo untuk dampak memang tidak ada secara logika, karena justru lebih aman untuk menyimpan aplikasi agar ketika hp kita dicuri tidak langsung membuka aplikasi yang menurut kalian itu sensitif, seperti aplikasi media sosial, sms, foto, maupun data sensitif yang lain yang bersifat pribadi.

Nah kalo kekurangan nya memang ada jika kita sembunyikan aplikasi menggunakan aplikasi pihak ketiga bukan fitur bawaan, jadi kekurangan nya adalah membuat kinerja hp kalian semakin berat apabila memiliki ram yang begitu kecil, contoh nya adalah ketika kalian setiap ingin membuka kalian harus ke aplikasi pihak ketiga yang bahkan sewaktu waktu bisa dibobol secara paksa jika ketahuan aplikasi apa yang menyembunyikannya.

Cara Diatas Membuat Kalian Ribet ?

Jika kamu menganggap cara cara diatas ribet adalah jalan keluar satu satu nya membeli HP android yang memiliki fitur ini, kemungkinan harus keluaran terbaru atau versi android 9 ke atas. Jadi cocok nih buat kamu para sultan yang tidak mau ambil ribet dan ingin lebih aman karena menggunakan fitur bawaan.

Tapi jujur aja saya gak tahu untuk merk smartphone apa saja yang memiliki fitur seperti ini, yang saya tahu adalah xiaomi itu pun saya baru tahu memiliki redmi 8a pro dan redmi 9 pro.