13 Manhwa Overpower Terbaik Tidak Membosankan

Untuk saat ini kiblat cerita manhwa Overpower cenderung ke dunia virtual reality, dimana monster menyerang bumi dan gerbang dunia lain kebuka untuk mengancam bumi.

Walaupun ceritanya menurut saya itu tidak semenarik isekai, bahkan manga isekai sekarang kebanyakan sistem harem. Perlu diketahui saya itu gak suka Solo Leveling karena alur ceritanya tanpa misteri sama sekali dan hanya mengandalkan otot (Pertarungan) terus.

The Undefeatable Swordsman

Manhwa Overpower tentang martial art

Walaupun tidak mengandung plot twist yang ciamik, bukan berarti komik ini tidak layak untuk dibaca, alasannya adalah MC ini zero to hero dan storyline yang disajikan tidak terlalu bertele-tele dan membosankan.

Walaupun penggambaran dari manhwa ini tidak terlalu bagus seperti kebanyakan komik lainnya, setidaknya mereka sudah berusaha untuk membuat perbedaan wajah yang signifikan, artinya tidak ada kemiripan karakter yang satu dan lainnya.

Leviathan

Walaupun bukan manhwa overpower secara harfiah, tapi yang saya suka adalah dimana alur cerita yang begitu menarik dan berbeda kebanyakan yang lain, yang dimaksud adalah seperti yang saya bilang bahwa komik dari Korea arah ceritanya ke apocalypse dikarenakan ada gerbang dunia lain terbuka.

Sedangkan Leviathan sendiri mengambil atau terinspirasi dari Al-kitab, jadi untuk kamu yang tertarik mitologi seperti ini lebih baik membaca komiknya daripada hanya sekedar text saja.

Peerless Dad (Manhwa Overpower Terbaik MC Anti Naif)

Manhwa Overpower terbaik versi berpikirlah

Satu-satunya komik favorit yang saya kagumi mulai dari alur cerita, sifat karakter, dan art style yang begitu menarik. Untuk kamu yang belum membacanya silahkan langsung dibaca, dijamin tidak menyesal.

Alasan mengapa saya suka dengan manhwa ini adalah dimana karakter utama itu tidak terlalu menjadi sok pahlawan (Manusia Biasa), maksudnya seperti apa? Begini saja, ketika kamu melihat ada orang terkena masalah sebisa mungkin kamu tidak ingin ikut campur agar tidak terkena juga dampak masalahnya.

Sama halnya si MC tidak terlalu ingin mencampuri urusan orang lain apalagi mengancam nyawa dirinya, intinya tidak naif sama sekali.

Legend of Northern Blade (Manhwa Overpower Dimana MC Dikhianati)

Yang saya suka dari komik ini adalah dimana walaupun dia dikhianati tidak membalas dendam secara membabi buta dan masih mengerti batasan yang harus dijaga, kelebihannya lah disini agar ceritanya menjadi menarik karena penuh strategi dan adegan dramatis.

Rooftop Swords Master

Manhwa MC overpower dari awal

Walaupun manhwa overpower yang ini tidak terlalu bagus secara misteri namun saya masukkan ke list karena penuh scene dramatis yang begitu menyedihkan karena kekuasaan menindas yang lemah.

Get Life

Manhwa overpower zero to hero

Kalo yang ini lebih karakter utama zero to hero, untuk mendapatkan kekuatan OP butuh perjuangan yang begitu menyakitkan, harus dimusuhi oleh beberapa keluarga besar, tangan yang hilang, dan penderitaan yang lainnya.

The Constellation That Returned From Hell

Walau tidak memiliki genre comedy, patut diacungi jempol bahwa storyline yang diberikan tidak terlalu menegangkan, namun ada beberapa yang gak saya suka dan tidak bisa dijelaskan dalam artikel karena takutnya mengandung spoiler.

Return Of Mad Demon

Kalian suka dengan karakter utama yang kembali ke masa lalu dan memperbaiki kehidupannya? Menurut saya return of mad demon layak dibaca, sisi lain tidak terlalu naif dan juga jahat. Normal aja sifat si karakter utama, seperti manusia normal. Jika diserang akan bertahan dan membalas.

Asura

Ada sebagian orang mengatakan bahwa komik asura itu MC nya naif dan bodoh, tapi sedangkan pendapat saya manhwa ini tidak terlalu buruk dan saya tidak merasakan bahwa MC itu naif.

Kalo di bilang naif tentu saja tidak bisa, karena asura sendiri merupakan makhluk penghuni neraka, bahkan yang dia tahu hanyalah pertarungan. Jadi kalo dibilang naive sedikit tidak relevan, karena asura sendiri lah belum belajar tentang manusia, dunia, dan menjadi dewasa.

Alone Necromancer

Dilihat namanya sudah terlihat jelas bahwa si MC memiliki kekuatan menghidupkan orang mati atau necromancy, jujur saya sendiri belum membaca komiknya namun sekilas dari artis style yang disajikan begitu menawan dan tidak terlalu kelebihan untuk penggambaran setiap karakter nya,

yang saya maksud itu adalah kebanyakan manhwa penggambaran karakter yang ditampilkan itu terlalu sempurna dan cantik maupun ganteng.

Murim Login (Manhwa Overpower Martial Art)

Walaupun saya tidak suka dengan komik bertema kultivasi, seenggaknya yang diceritakan dalam manhwa ini tidak terlalu buruk untuk dibaca, ada beberapa adegan lucu yang menurut saya itu merupakan scene untuk para pembaca tidak cepat bosan.

Red Storm (Manhwa Overpower Zero To Hero)

Manhwa overpower zero to hero

Manhwa overpower yang satu ini merupakan urutan komik favorit saya ke 3, karena apa? Setiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan juga memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing.

Inilah kenapa saya suka dengan komik ini, disisi lain MC tidak sombong dan berpikir rasional dan juga tidak tiba-tiba menjadi OP secara mendadak. Sayangnya manhwa ini belum full color, untuk awalnya memang berwarna tapi ketika pertengahan hingga akhir menjadi hitam putih seperti manga.

Legend of Asura The Venom Dragon

Sama seperti red storm, dimana karakter utama harus berjuang mati-matian untuk mendapatkan kekuatan yang begitu luar biasa, kalo MC dari komik ini OP dari segala jenis racun. Alasannya adalah waktu kecil dia disiksa dengan racun dan sebagai uji coba para ahli racun.

Baca: Manga Isekai Overpower Terbaik