Keunggulan Windows 7 vs Windows 10, lebih Bagus Mana?

Kelebihan windows 7 dari windows 10

Banyak yang berpikir bahwa Windows 10 lebih baik dari segi performa dan gaming, emang iya? Mari kita bahwa tentang keunggulan windows produk Microsoft ini.

Memang disini gak semua nya bener dan berarti juga salah, karena apa? Windows 7 sudah menang telak dari segi keringanan apabila dibandingkan oleh Windows 10.

Berarti windows 10 lebih cepat dibandingkan windows 7 dong? Oke mari kita kupas tuntas masalah perbandingan kedua produk Microsoft ini.

Keunggulan Windows 7

  1. Ringan saat booting
  2. Kompatibel dengan software lama
  3. Sudah mendukung directx 11 (bukan directx 12)
  4. Performa untuk gaming lebih cepat dari Windows 10 (apabila game support menggunakan directx 11)
  5. Ukuran lebih kecil daripada windows 10

Kekurangan Windows 7

  1. Tidak mendukung lagi Support Care dari Microsoft karena masa dukungan sudah habis.
  2. Tidak support directx 12 (Singkatnya Windows 7 tetap menggunakan DirectX 11 secara default untuk gaming, namun ketika ada developer yang membuat game yang support directx 12 di windows 7, tentu saja kalian bisa menggunakan nya)

Review Windows 7

Dari tadi saya ucapin windows 7 itu yang dimaksud SP1 ya, artinya serice pack. apa sih itu service pack? jadi singkatnya, semua yang ada di windows itu sudah di fix apa yang kurang oleh microsoft namun untuk driver kalian harus download terpisah agar bisa diperbarui. Saya tadi udah singgung dari segi performa gaming.

Windows 7 jika untuk game yang support directx 11 tentu saja lebih tinggi performanya ketimbang windows 10, gak percaya? coba aja. Mungkin kalian bertanya-tanya “emang nya game sekarang masih support directx 11?”

Bisa di bilang iya dan tidak, karena kebanyakan game itu udah bisa support directx 11 jadi gak butuh yang namanya directx 12 seperti GTA v, ya walaupun game besutan rockstar tersebut gak bisa di bilang game jaman sekarang. Karena kebanyakan game yang rilis tahun 2021 itu hanya support 12.

Keunggulan Windows 10

  1. Sistem cache lebih smooth ketimbang versi sebelum nya.
  2. Tentu saja support directx 12 (langkah microsoft agar pengguna win 7 upgrade ke win 10)
  3. Mendukung support care
  4. Lebih aman
  5. Mendukung software terbaru seperti coreldraw graphics suite 2021.

Kekurangan Windows 10

Ada kelebihan pasti juga ada yang buruk juga

  1. Lebih berat
  2. Ukuran windows lebih besar
  3. Loading boot selisih 1-3 detik

Review Windows 10

Jujur, untuk system ui lebih enak dan smooth dan juga untuk menjalankan software sistem juga ringan, oleh karena itu. Win 10 ini menurut saya cocok nya berjalan di ram minimal 8 GB, karena apa? agar ada ruang terseisa untuk ram yang sudah di gunakan oleh sistem agar bisa di cached.

Seperti saya katakan, file windows 10 itu sangatlah besar, jadi gak cocok buat kalian punya flashdisk 8 gb karena bakal jadi kehabisan kapasitas nya. Emang sih bisa diakalin, dengan cara download yang 64 bit saja.

Penjelasan

Nah, yang ditunggu tunggu pasti kalian bertanya, lebih baik saya pilih win 7 atau win 10? jawabannya itu tergantung kebutuhan masing masing.

Kalo misalnya kalian designer grafis yang butuh fitur kekinian agar bisa memudahkan pekerjaan, tentu saja harus windows 10 dan juga kalo misalnya kalian streamer gamer wajib menggunakan windows 10 agar ketika menjalankan game lebih lancar lagi menggunakan directx 12.

Tapi jika kalian hanya orang yang baru punya PC di 2021 ini dengan spek mid-end, lebih baik menggunakan windows 7, karena rata rata game 2019 kebawah udah mendukun yang namanya directx 11.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Prabowo Sakti
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 205

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *