Berapa Maksimal Plugin WordPress Yang Boleh Diinstal

Masih yang beranggapan bahwa semakin banyak plugin akan memberatkan loading situs, Emang iya? Nyatanya tidak sesimpel itu untuk mendeskripsikan bahwa plugin penyebab website menjadi berat diakses, jadi berapa jumlah plugin wordpress yang ideal?

Namun sebelum saya menjelaskan bahwa, memang plugin merupakan penyebab website lemot untuk diakses tapi ada poin yang harus di perhatikan:

  • Apakah plugin tersebut bentrok dengan yang lain?
  • Apakah plugin itu merupakan berfungsi berjalan otomatis? Contohnya backup data wordpress ke google drive
  • Dan apakah plugin tersebut mengandung malware?

Misalnya kamu tidak merasa bahwa plugin yang saya sebutkan tadi tidak memenuhi kriteria dan ternyata masih lemot itu adalah hal yang wajar.

Ilustrasi plugin wordpress

Misalnya, kita ketika menggunakan Wordfence atau jetpack yang dikenal memberatkan wordpress, itu karena plug-in tersebut memuatnya secara penuh agar berfungsi secara baik atau contoh sederhana nya ketika kamu menggunakan Yoast seo, tentu saja mau gak mau harus load score seo, fitur keterbacaan, dll.

Tapi yang ditampilkan hanyalah berupa schema, meta deskripsi, dan meta keyword.

Jadi pada intinya adalah plugin yang ideal diinstal pada wordpress adalah 10-25 untuk server yang rendah.

Jadi kriteria server dengan spesifikasi rendah itu seperti apa? Memiliki ram 1 gb kebawah, bandwidth dibatasi, dan juga hardware server yang digunakan terbilang jadul.

Oleh karena itu jika kamu menyewa hosting tanyakan terlebih dahulu ke penyedianya tentang berapa spesifikasi yang diberikan dan yang penting adalah jumlah plugin yang diizinkan dalam 1 hosting tersebut.

Baca: Blogspot Vs WordPress

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204