Inilah Jenis Berbagai Genre Anime Dan Beserta Artinya

Kali ini ingin membahas jenis genre anime serta menjelaskan apa arti dari genre tersebut contohnya isekai, superpower, comedy, dan action. Tenang aja, bukan cuman itu yang akan saya bahas, karena disini saya lebih condong ke genre yang terkenal seperti contoh sebelumnya.

Jadi gak semua genre anime akan saya jelaskan dikarenakan terlalu banyak dan gak semuanya bakal disenangi oleh audiens, makanya saya lebih menyukai menjelaskan yang banyak peminat nya.

Isekai

kumpulan anime isekai
kaptentekno.com

Walaupun isekai bukan genre anime secara resmi, namun nyatanya kebanyakan alur cerita rata rata kebanyakan yaitu anime isekai.

Isekai itu merupakan salah satu yang paling banyak digunakan, cerita dari isekai yaitu berinkarnasi atau berpindah dari bumi ke dunia lain.

Catatan: rata rata anime yang bertema isekai kebanyakan sang karakter utama memiliki kekuatan yang overpower contoh seperti Overlord dan Tensei slime. Walaupun banyak tema isekai yang slice of life dan membangun kerajaan seperti genjitsu shugi dan saya akui untuk anime Genjitsu Shugi itu bagus.

Mungkin untuk yang udah terbiasa dengan genre isekai pasti tahu, kalo isekai menceritakan yang semua nya hampir sama yaitu manusia yang di summon ke dunia lain dan menjadi pahlawan unfuk mengalahkan raja iblis.

Superpower

animasi 3d superhero "the incredible"

Anime yang bergenre superpower gak serta sang MC itu overpower, contoh boku no hero apakah deku menjadi overpower? Tentu gak kan, namun genre superpower kemungkinan bisa mempunyai arti bahwa karakter selain MC itu kuat lebih dari sang karakter utama.

Contoh bungo stray dogs, apakah main Character nya itu mempunyai kekuatan yang besar? Enggak bukan. Oleh karena itu genre superpower memiliki dua arti. Antara main Character yang OP atau orang yang disekitarnya lebih hebat dari main Character.

Action

salah satu anime action

Action film dengan anime sangatlah berbeda, karena kebanyakan action film itu berantem dan adegan berbahaya lain nya seperti melompat gedung ke gedung lain nya. Beda dengan anime, rata rata action nya yaitu antara magic, superpower, dan fantasi.

Dan setau saya rata rata film dikit memiliki movie tentang sihir, mungkin pembuatan nya mahal dan kalo gak salah film sihir cuman harry potter dan the lord of the ring bahkan karakter utama nya tidak bisa menggunakan sihir.

Jadi udah tangkap yang saya maksud? Kalo masih belum paham saya jelaskan secara sederhana. Anime action itu biasanya adegan berantem dengan tema magic dan superpower.

Fantasi

Pernah nonton kobayashi maid dragon? Udah tahu kan kalo anime nya slice of life tapi termasuk genre fantasi, jadi sederhana nya jika ada sebuah anime yang didalam nya itu tidak seperti di kehidupan nyata misalnya naga, sihir, iblis, dan kekuatan dongeng itu termasuk fantasi.

Tapi ada beberapa kasus seperti one punch man tidak di golongkan sebagai fantasi, karena makhluk yang ada di one punch man masih bisa di jelaskan secara sains. Ya walaupun kurang yakin juga saya berkata seperti ini.

Military

ilustrasi anime militer

Mungkin ada beberapa orang salah paham dengan persepsi genre militer, seakan akan genre ini selalu perang atau konflik dengan negara lain, emang gak salah sepenuhnya tapi ada yang kurang.

Karena anime bergenre military itu ada dua kemungkinan antara karakter utamanya yang merupakan seorang prajurit atau pemimpin dari prajurit tersebut. Masih belum ketemu contohnya? Oke saya akan kasih contohnya.

Contoh anime military sang mc menjadi pasukan atau prajurit yaitu Attack On Titan eren tentu saja bukan pemimpin dari prajurit namun dialah prajuritnya untuk melawan titan jadi mirip seperti Fullmetal Alchemist.

Dan untuk anime military yang karakter utamanya menjadi pemimpin dari sebuah pasukan seperti youjo senki dan code geass. Nah udah paham kan sampe sini apa yang dimaksud military?

Magic

salah satu anime magic

Jelas banget dari katanya aja magic yang berarti magic dan informasi untuk kalian anime magic itu sangatlah sedikit mengambil latar belakang kehidupan di bumi. Karena kebanyakan ceritanya isekai atau dimensi lain yang tidak sama dengan bumi.

Contohnya seperti: Konosuba, re:Zero, Overlord, Nanatsu No Taizai yang berlatar belakang bukan di bumi.

Lalu lebih baik anime magic bertempat di bumi atau di dimensi lain? Ini susah banget pertanyaan, karena itu tergantung selera masing orang orang-orang namun saya prefer ke magic isekai.

Slice Of Life

genre anime yang membuat gua bosen

Slice of life sendiri kebanyakan menceritakan story line yang santai atau kehidupan sehari hari, ya siapa juga yang ingin nonton kehidupan keseharian tanpa ditambahin apa-apa. Seperti komedi atau parodi, jadi ini alasannya pecinta mc overpower bakal bosen menonton anime slice of life karena rasanya itu bener bener datar.

Namun ada satu anime slice of life yang bener bener terbaik dan bagus karena di tambahi komedi yang lucu dengan judul Danshi Koukousei no Nichijou. Bahkan rating di myanimelist 8 dan telah di vote 300 ribu orang lebih.

Shounen

genre anime yang paling banyak fansnya

Anime atau manga bergenre shounen itu ditujukan untuk remaja antara umur 14-17, oleh karena itu jenis shounen lebih banyak penggemar nya ketimbang yang lain. Jadi rata rata ceritanya itu tentang persahabatan atau usaha yang di impikan karakter utama di anime tersebut.

Seinen

berserk salah satu anime seinen terbaik
vervetimes.com

Beda shounen dan seinen, karena seinen untuk pria yang umur nya udah beranjak dewasa muda seperti 30an dan kebanyakan seinen adegan nya udah dark seperti bunuh-bunuhan dan kegiatan untuk orang dewasa seperti pencurian, pencucian uang, dan perbudakan.

Tentu saja walaupun saya berumur 18 tahun entah kenapa seinen itu cocok dengan selera saya, mungkin udah bosen kali ya nonton anime shounen seperti naruto.

Romance

genre anime yang paling gua benci

Romance adalah satu satunya genre yang satu satunya yang paling gua benci, entah kenapa setiap ngeliat anime romantis serasa geli berasa cringe, kecuali emang romance itu gak terlalu berlebihan masih bisa di terima.

Sampe lupa jelasin, ya gua yakin kalian semua udah paham arti dari romance yaitu masalah percintaan.

Penutupan

Mohon maaf apabila ada penjelasan yang membuat kalian bingung dan jika ada pernyataan ada yang salah dari salah satu yang saya jelaskan mohon komentar.

Ingat komentar kalian bisa langsung tampil, apabila tidak mengandung link aktif atau link website maupun link promosi.