Inilah Alasan Kenapa Google AMP itu Buruk Untuk Website

Pada awal perilisannya AMP, google sering sekali memprogandakan bahwa menggunakan amp akan meningkatkaan pendapatan dan posisi rank di SERP dengan baik, namun banyak web developer mengeluhkan betapa buruk ciptaan google ini, bahkan tidak sedikit pemilik website mencopot atau menonaktifkannya karena beberapa hal

Jadi mari kita bahas hal ini, mengapa kalian jangan menggunakan Accelerated Mobile Page di situs web milik kalian.

Apa Itu AMP?

AMP merupakan singkatan dari Accelerated Mobile Page merupakan sebuah fitur yang diciptakan oleh google untuk mempercepat loading website pada perangkat mobil, fitur ini pertama kali dirilis pada tanggal Oktober 7, 2015.

Pada awal perilisannya Accelerated Mobile Page benar-benar disambut oleh berbagai pihak, namun nyatanya setelah dilakukan instalasi banyak sekali yang mengeluh, entah itu core web vital yang menurun, kode script yang rusak, bahkan ada yang lebih ke masalah di pencarian Google yaitu dimana tidak ada perubahan pada rank Google.

Alasan Kenapa Kalian Jangan Menggunakan Accelerated Mobile Page atau AMP

Jangan salah banyak sekali yang mengeluh termasuk saya saat menggunakannya, selama 2 bulan menggunakan Google AMP saya memutuskan deactivate fitur ini karena meliputi:

  1. Auto ads yang munculnya lama
  2. Banyak sekali masalahnya dari segi penerapan instalasi
  3. Tidak mendapatkan posisi ranking yang bagus di mesin pencarian
  4. Tidak menampilkan form komentar agar pembaca bisa berkomentar

Lalu apakah jika kalian bisa mengatasi masalah tersebut masih ingin pakai? Nyatanya harus pikirkan lagi, untuk kamu yang masih memiliki website kecil atau istilahnya tidak mempunyai Otoritas dimata google, saya wajibkan jangan pasang AMP

Karena percuma, saya sudah merasakan hal dimana saya kalah ranking di mesin telusur oleh pemilik website yang menggunakan blogspot namun tidak menggunakan AMP, sampai-sampai saya kecewa berat, yang berharap ketika menggunakan AMP ingin mendapatkan posisi yang lebih baik di SERP justru malah sebaliknya.

Namun kabar baiknya, google udah tidak mengistimewakan website yang menggunakan Accelerated Mobile Page dan untuk kamu yang ingin membangun web berita, sekarang tidak wajibkan untuk memasang fitur sampah ini.

Perlu diingat, ada kekurangan pasti ada kelebihannya. Oleh karena itu saya udah merangkumnya, inilah kelebihan AMP:

  • Membuat beban server berkurang,karena trafik ditanggung oleh cache google
  • Cocok untuk Media besar yang dimana memiliki visitor perhari 10 ribu ketas

Itu saja yang saya tahu untuk kelebihannya, oleh karena itu lebih baik dipikirkan kembali secara matang, jika kalian ingin menggunakan Accelerated Mobile Page, pastikan terlebih dahulu situs web kamu ini sudah besar atau belum? Jika masih memiliki sedikit pengunjung alangkah baiknya jangan terapkan amp, karena tida mempengaruhi rank Google.

Namun jika kalian masih ingin menggunakan amp, saya ada saran yaitu 2 Rekomendasi Plugin AMP Untuk WordPress

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204