Menggunakan Google Webmaster Untuk Meningkatkan Ranking Di Google SERP

Untuk para blogger merupakan hal yang wajib untuk meriset keyword, optimasi seo, optimasi speed web. Tapi tahu gak sih kamu? semua itu masih belum cukup jika tidak menggunakan Google Webmaster Console.

Karena apa? jika kamu menggunakan webmaster tool dari google, kalian dimudahkan untuk mendeteksi kesalahan, kapan terakhir meng crawl, update terakhir kapan halam di index, dan untuk meningkatkan SEO artikel kamu.

Lalu apa yang harus kamu lakukan ketika menggunakan webmaster tool? tentu saja petama-tama login terlebih dahulu ke google search console, setelah login Mari kita kupas secara tuntas.

Tahap Verifikasi GSC

Tapi sebelum itu, kamu wajib sudah verifikasi kepemilikan di GSC, entah itu metode dns verifikasi, upload file html, maupun melalui tag analytics.

Jangan Lupa Submit Artikel Ke Google Search Console

Mengapa kamu ketika update artikel harus submit ke google search console? jawabannya hanya satu.

Agar google mengetahui bahwa artikel yang anda buat itu orisinil atau asli. Maksudnya gimana?

Asal kalian tahu, bahwa setiap harinya algoritma google itu berubah dan tentu saja bertujuan untuk membedakan mana konten berkualitas asli atau artikel copas 100%.

Jadi untuk kamu yang terlalu khawatir jika ada orang usil mencopy artikel yang dibuat oleh kalian, google webmaster telah mengatasi itu. Namun untuk tindakan jaga-jaga silahkan report langsung ke google.

Menolak Backlink Spam (Disavow)

cara disavow backlink

Tahukah kamu, ada beberapa jenis backlink. Dari yang bisa meningkatkan rank situs kamu di google penelusuran dan ada juga yang membuat web terkena penalti google.

Oleh karena itu, kamu harus sering sering cek backlink, jika ada backlink tergolong spam langsung disavow di google search console.

Lalu caranya seperti apa?

Jika blog kalian terdapat link spam, silahkan disavow saja. Dengan cara masuk ke google webmaster tool lalu scrolling kebawah hingga menemukan tautan.

Nanti akan di tampilkan semua data link eksternal yang mengarah ke halaman target atau artikel. Contohnya gambar di bawah ini

Bisa dilihat, kedua situs yang ada screenshot diatas merupakan web spam. Dimana mereka mengarahkan backlink dofollow ke situs saya.

Tentu saja ini merugikan apabila situs ini di cap buruk oleh google, lantas bagaimana cara mengatasi?

Silahkan baca tutorial disavow backlink spam

Mendeteksi Error Crawl

Kelebihan menggunakan google webmaster tool adalah kamu tahu apakah halaman kita di indeks secara sempurna atau ada kesalahan.

Karena bot crawler google tidak ada yang tahu kapan datangnya, makanya ketika kita lagi memperbaiki situs lalu tiba tiba bot crawler merayapi halaman, tentu saja akan dapat pemberitahuan.

Justru itu, disitulah kegunaan GSC atau google webmaster tool. Kamu bisa membaca data halaman apa saja yang error, contohnya seperti ini

Ini salah ssatu manfaat menggunakan webmaster tool dari google, kamu akan di beri tahu apabila ada masalaah crawl.

Bisa dilihat masalah yang saya alami adalah gambar terlalu kecil di halaman amp, jadi saya tahu apa yang harus di perbaiki.

Mendeteksi Error Pada Schema Markup

Bisa dilihat gambar diatas, banyak sekali error terhadap schema markup how-to yang admin sematkan di beberapa artikel. Namun dengan sigap google search console memberi tahu.

Akhirnya gua mengoprek sedikit schema json+ld agar valid, lalu bagaimana kita bisa mengetahui apakah schema yang disematkan itu valid atau error?

Caranya cukup mudah, hanya pakai google penguji kaya atau rich snippet

Disitu kamu akan di beri tahu apabila kode html tidak valid, entah itu breadcrumb, schema, maupun yang lain. Cocok untuk kamu niat untuk mengembangkan atau belajar seo.

Penjelasan Dan Penutup

Banyak yang mengatakan artikel kita itu bisa di index oleh google dengan sendirinya atau otomatis. Emang bener pada nyatanya sistem crawler google bisa merayapi situs yang tidak terdaftar di webmaster tool.

Tapi perlu di ingat, disitulah letak kesalahannya. Karena apabila ada artikel yang gagal di rayapi oleh google bot lalu tidak mendaftar di webmaster tool. Ini menjadi senjata yang bisa membuat web mu di cap buruk oleh google.

Karena apa? error yang ada di situs kalian, jadi usahakan daftar terlebih dahulu ke GSC dan setelah itu terserah kalian mau submit url artikel secara manual atau otomatis di crawl.

Pada intinya harus sering cek apakah web kita ada yang error atau tidak.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204