Cek Kecepatan Website Atau Hosting Langsung Ke Caranya

Kebayang gak sih mengapa website kamu lemot atau situs yang dimiliki kalian cepat diakses oleh diri sendiri namun masih ragu apakah ketika diakses pengunjung ngebut atau tidak, lalu bagaimana untuk cek kecepatan website lambat atau tidak?

Diartikel ini ada link affiliasi hosting domainesia, jika kalian membeli dari link ini sama saja sudah membantu menghidupi keluarga saya. Atau gunakan kode setiap beli hosting: berpikirlah30

DomaiNesia

Ada beberapa cara untuk mengecek speed website, namun yang pasti jangan berharap lebih dan mengincar score sempurna dimanapun layanan cek speed websitenya. Karena akan dibuat gila jika kamu terlalu memikirkan hal tersebut lebih dalam.

GTMetrix

cek kecepatan website menggunakan gtmetrix

Walaupun gtmetrix selalu menjadi patokan seberapa cepat website, sayangnya banyak para blogger terlalu berfokus ini untuk optimasi speed webnya.

Karena pada dasarnya lokasi server untuk mengecek kecepatan situs berada di kanada secara default.

Jadi ingin seperti apapun di otak-atik yang ada di dalam situs kalian, tetap menjadi lemot apabila lokasi hosting berada di Indonesia maupun singapura.

Lalu bagaimana cara mengatasi ini? solusinya ada pakai CDN dan bisa dibaca cara menggunakan Cloudflare untuk mempercepat website.

Webpagetest.org Situs Cek Kecepatan Website Lengkap

cek kecepatan website dari berbagai server

Jujur layanan cek kecepatan hosting besutan dari catchpoint yang satu ini memiliki fitur yang lengkap, kamu bisa cek seberapa hosting kamu dari berbagai lokasi server dan perangkat.

Walaupun sistem perangkat yang digunakan hanya simulasi, tentu saja tidak terlalu akurat. Kamu bisa memprediksi seberapa cepat blog kalian dengan cara test melalui server Indonesia.

Cepatkah.com Test Kecepatan Hosting Dari Server Indonesia

cek kecepatan hosting dari server Indonesia

Akhirnya ada layanan untuk mengecek apakah situs kita lemot atau tidak dengan menggunakan lokasi Indonesia. Walaupun tidak lengkap sepert kedua layanan sebelum nya.

Namun sudah cukup informasi yang diberikan, apakah hosting kita lambat atau tidak. bahkan menurut saya tergolong simpel karena cukup masukan domain yang ingin di test, langsung diproses deh permintaan mu.

Mana Yang Lebih Baik?

Tentu saja kalian bisa menilai layanan mana yang bagus untuk tes kecepatan hosting. Namun tetap saja saya akan jelaskan secara mendetail.

Baca: Cara Cek Provider Hosting Suatu Website

Gtmetrix

Tergolong modern untuk tampilannya, desain yang minimalis dan ini nilai plus kepada orang yang tidak suka banyak pilihan.

Sayangnya seperti yang dijelaskan pertama, bahwa website kalian akan lemot apabila tidak menggunakan CDN, soalnya apabila ingin test lemot atau tidak hosting kamu menggunakan server Singapore, harus bayar atau menjadi member terlebih dahulu.

Dan detail yang diberikan seperti berapa request, total waktu eksekusi script, respon server, dan metode kompresi apa yang digunakan.

Webpagetest

Sama seperti gtmetrix, namun yang membedakan adalah layanan dari catchpoint ini tidak memiliki sistem berbayar.

Jadi gratis untuk menggunakan nya dan bisa dibilang super lengkap jika kamu ingin optimasi speed website pilihannya adalah menggunakan webpagetest.

Untuk server testnya juga ada yang berlokasi di Jakarta, ini membuat kalian lebih paham apa yang harus dioptimalkan pada situs kamu.

Cepatkah

Nah kalo cepatkah menurut admin lebih prefer ke orang awan masalah optimasi website. Karena lebih mudah dipahami lalu pilihan server yang beragam.

Sayangnya hanya berfungsi dengan perangkat komputer untuk ngecek nya, semoga kedepan bakal ada fitur test cepat hosting dari handphone atau mobile.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204