Cara Mengizinkan Upload Gambar Webp Di WordPress

Pernah gak sih kalian ketika upload file tidak terkecuali gambar Webp, bukan nya berhasil namun keluar notifikasi error yang memberitahu kalian “Sorry, this file type is not permitted for security reasons

Emang Webp itu bukan ekstensi file yang berbahaya namun untuk jaga jaga, pihak WordPress secara default menonaktifkan agar kalian tidak bisa upload file ber ekstensi Webp.

Yang perlu kita ketahui terlebih dahulu, penjelasan apa itu Webp, kekurangan dan kelebihan nya.

Apa itu Webp

Webp merupakan sebuah format gambar yang dibuat oleh google secara langsung pada tahun 2010, bayangkan? Webp merupakan buatan google yang dikenal penguasa android terbesar.

Jadi apa maksud nya? Yang saya maksud mungkin ketika awal rilis ekstensi webp, kebanyakan perangkat dan browser tidak mendukung format ini.

Namun karena ini sudah 2021, tentu saja google sebagai pembuat webp pasti agar ingin ekstensi yang mereka buat dipakai semua orang dan sehingga google agar ekstensi webp nya bisa support di semua device beserta browser Chromium.

Kekurangan Menggunakan Gambar Webp

Jujur aja, webp sekarang tidak memiliki kekurangan, dikarenakan hampir semua browser berbasis Chromium seperti contoh opera, uc browser, Microsoft edge (bisa di set), dll support webp.

Bahkan di web browser yang bukan berbasis Chromium pun ekstensi gambar Webp bisa di lihat dengan baik.

Jadi gak perlu khawatir ya temen-temen apabila punya kecemasan gambar webp kalian tidak bisa dilihat.

Apakah WordPress Mendukung Gambar Format Webp?

Memang untuk sekarang WordPress tidak mendukung format ini di mime Types, jadi kalian harus menambahkan script yang akan ada di artikel ini.

Script ini tidak berbahaya, hanya mengizinkan gambar ekstensi webp.

Cara Mengupload Gambar Webp Di WordPress

Jika kalian ingin mengupload gambar Webp, yang kalian harus lakukan menambahkan atau mengizinkan WordPress agar bisa diupload di website kita menggunakan script bukan plugin konversi Webp.

1. Login ke wp-admin kalian

login wp-admin untuk mengatur theme editor

2. Jika sudah login, cari menu bagian tampilan>penyunting tema>functions.php, jika untuk bahasa inggris seperti ini kurang lebih appreance>editor>functions.php, setelah itu tambahkan

//enable upload for webp image files.
function webp_upload_mimes($existing_mimes) {
$existing_mimes['webp'] = 'image/webp';
return $existing_mimes;
}
add_filter('mime_types', 'webp_upload_mimes');

//enable preview / thumbnail for webp image files.
function webp_is_displayable($result, $path) {
if ($result === false) {
$displayable_image_types = array( IMAGETYPE_WEBP );
$info = @getimagesize( $path );

if (empty($info)) {
$result = false;
} elseif (!in_array($info[2], $displayable_image_types)) {
$result = false;
} else {
$result = true;
}
}

return $result;
}
add_filter('file_is_displayable_image', 'webp_is_displayable', 10, 2);
editor theme WordPress

3. contoh nya seperti ini

Script untuk upload Webp ke WordPress

4. Setelah di save jangan lupa clear cache jika kalian pakai plugin cache.

Kelebihan Webp

Tentu saja kelebihan webp didukung oleh raksasa internet yaitu google, bahkan google sendiri yang menganjurkan lebih baik menggunakan gambar next generasi.

Terlebih lagi jika menggunakan webp, itu membuat loading website kalian menjadi cepat tergantung optimasi halaman website kalian, karena optimasi gambar bukan pacuan utama atau kunci utama agar website kalian gak lemot atau lambat.

Penjelasan

Emang agak ribet, jika kalian mengambil gambar dari internet karena rata-rata menggunakan format jpg dan png dan mengconvert ke webp. Tapi menurut saya gampang dan mudah untuk menconvert nya.

Jika kalian ingin convert melalui online silahkan kunjungi situs convert webp, alasan saya merekomendasikan situs ini dikarenakan semua file yang kalian ubah tidak berubah sama sekali nama gambar atau file kalian.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204