Cara Tepat Perusahaan Bertahan dimasa Sulit

Berpikirlah, 60% start-up founders di US tidak lagi menjabat sebagai CEO di start-up yang mereka dirikan setelah memasuki tahun ke empat. Empat dari lima CEO tersebut dipaksa turun oleh investor mereka sendiri. Source: Harvard Business Review.

Saya belum pernah menemukan riset sejenis di Indonesia akan tetapi saya tahu persis hal seperti itu juga kerap terjadi di negara kita tercinta ini.

Jadi pesan saya untuk Anda yang ingin menjadi founder: pahami dulu cara kerja dana investasi sebelum mendirikan perusahaan hanya dengan mengandalkan modal dari investor jika tidak ingin berakhir dalam situasi seperti itu.

Ketika ada investor memberikan dana investasi itu pada dasarnya mereka membeli saham perusahaan yang kita dirikan. Lalu ketika kita tidak lagi memiliki mayoritas saham perusahaan, pada saat itu pula kendali utama atas perusahaan yang kita dirikan sudah tidak lagi berada di dalam genggaman tangan kita. Hal itulah yang membuat investor mempunyai power untuk memaksa founder turun dari jabatan sebagai CEO.

Lalu bagaimana jika tidak ingin berakhir di situasi seperti itu? Ada dua alternatif solusi:

1. Dirikan perusahaan dengan modal sendiri. Jika perusahaan sudah mulai kelihatan prospeknya, dana tambahan bisa didapatkan dari pinjaman bank (tapi ini biasanya butuh agunan).

2. Bangun dulu kompetensi sebagai seorang leader sebelum memulai bisnis sendiri agar Anda bisa menjadi CEO yang sulit tergantikan di mata investor.

Itulah sebabnya menurut saya penting untuk punya pengalaman kerja sebagai karyawan sebelum menjadi pengusaha. Kumpulkan modal kerja dan bangun kompetensi. Jangan buru-buru meminta dana investor karena hal itu sebetulnya hanya salah satu opsi dan bukan satu-satunya opsi pendanaan dalam dunia bisnis.

Demikianlah dari Berpikirlah semoga teman-teman di lancarkan dalam menjalankan perusahaanya baik perusahaan yang baru dirintis sendiri maupun bersama rekan kalian, sukses selalu dan Never Giveup

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Ifan Juliantino

Ahli dalam dibidang teknik kimia, kesehatan keselamatan kerja, dan hobi desain grafis

Articles: 39