Cara Sharing Printer dengan IP Address

Sharing printer yang diketahui adalah menggunakan printer secara bersamaan tidak hanya untuk satu media saja, melainkan beberapa yang bisa disambungkan secara bersamaan. Apabila biasanya printer tersambung hanya pada satu PC, ternyata Anda bisa menyambungkan dua atau lebih printer dengan menggunakan IP address. Yaitu, melalui cara sharing printer dengan IP address yang bisa melakukannya.

Cara Mudah Untuk Sharing Printer

Jika Anda pernah mendengar istilah sharing printer, itu merupakan cara berbagi penggunaan printer untuk lebih dari 1 PC atau komputer. Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk melakukan sharing printer, diantaranya menggunakan wifi atau Bluetooth yang mungkin sudah banyak yang mengetahui. Tapi bagaimana cara sharing printer dengan IP address, apakah Anda sudah mengetahuinya. Inilah beberapa langkahnya:

  1. Diawali dengan pengaturan Jaringan, dengan cara klik start dan control panel. Lalu, pilih Network and sharing center diikuti dengan klik change adapter setting.
  2. Masuk local area connection dengancara mengklik kanan, lalu pili properties.
  3. Setelah itu bisa diklik internet protocol ver 4.
  4. Klik Properties, dan pilih use the following IP address.
  5. Isi IP address dengan 192.168.100.1, serta subnet masknya dengan 255.255.255.0 baru tekan OK.
  6. Dilanjutkan dengan buka start dan control panel, lalu klik view device and printer pada komputer yang sudah terhubungan printer.
  7. Pada printer yang akan dilakukan share langsung klik kanan, setelah itu pilih properties.
  8. Lanjutkan dengan memilih sharing dan juga share this printer untuk melakukan cara sharing printer dengan IP address tersebut.
  9. Lalu pilih on pada bagian changed advanced sharing settting, dan tidak perlu mengaktifkan password.
  10. Matikan firewall dan ping melalui komputer kedua, yaitu komputer yang akan dilakukan sharing printer.
  11. Buka windows explorer dan ketik \\192.168.100.1
  12. Jika nama komputer yang akan dishare muncul, maka langsung Anda klik kanan dan pilih connect

Begitulah beberapa petunjuk dan langkah untuk melakukan sharing printer untuk beberapa komputer yang tersedia.

Cara Mengakses Printer yang Sudah Di-shared

Selain melakukan cara sharing printer dengan IP address, Anda pun masih bisa melakukan dengan beberapa cara lainnya jika dirasa cara tersebut terlalu rumit. Jika Anda ingin mengetahuinya, beberapa cara sharing printer diantaranya adalah dengan menggunakan Home Group serta menggunakan Wifi. Namun, perlu diketahui juga cara mengakses jika printer sudah berhasil dishared melalui beberapa pengaturan yaitu:

  1. Pilih Menu Turn on Discovery dan klik, lalu dilanjutkan dengan mengklik menu turn on file and printer sharing. Agar pengaturan tidak berubah setiap akan digunakan, maka Anda harus menekan save changes.
  2. Setelah itu, jika pengaturan awal tadi sudah dilakukan maka Anda bisa beralih pada pembagian windows explorer dimana itu merupakan cara mengakses printernya. Dengan cara mengklik windows + E, jangan lupa memilih opsi network yang terletak di bagian paling bawah.
  3. Secara langsung akan muncul banyak nama PC yang terhubung pada printer, maka Anda langsung pilih komputer mana yang akan megakses printer tersebut. lalu tekan connect agar printer langsung terhubung untuk melakukan pencetakan sesuai perintah. 

Cukup mudah bukan cara sharing printer dengan IP address dan mengaksesnya dengan langkah yang sudah diarahkan di atas. Pada dasarnya menggunakan cara manapun tidak masalah, selagi semuanya memiliki kemampuan dan terdapat perangkat yang mendukung untuk melakukan sharing printer tersebut.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Prabowo Sakti
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 205

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *