Cara menjual Emas Batangan Buyback ke PT Antam

Berpikirlah, Trend Menabung Emas Secara Fisik atau Emas Batangan semakin diminati anak muda hingga orang tua karena emas tahan terhadap inflasi, dan kenaikan harga emas tiap tahun naik hingga mencapai 10% pertahun.

Kendati demikian anda harus memperhatikan cara Menjualnya kembali atau Buyback Emas Batangan yang Anda miliki agar tidak mengalami kerugian saat menjualnya. Berikut adalah tips dan cara menjual Emas ke PT. Antam kembali, simak sampai habis.

1. Buyback Emas Batangan ke Butik terdekat

Cara pertama yang dapat dilakukan yaitu anda mencari butik emas antam terdekat agar mempermudah dalam transaksi buyback Emas ke PT. Antam, biasanya akan di transfer H+1 hingga H+7 setelah proses buyback , namun tidak menutup kemungkinan bisa lebih cepat dan bisa lebih lama tergantung dari situasi dan kondisi pada saat itu

2. Jaga Segel Sertifikat

Keutuhan segel press Emas Batangan jangan sampai rusak atau sengaja di buka karena akan menurunkan nilai jual hingga 10% di hari pasaran Emas pada hari itu, lebih baik disimpan dengan aman agar keutuhan barcode serta tulisan pada kemasan masih bagus.

3. Nota Pembelian atau Surat Pembelian

Usahakan saat menjual kembali di butik masih ada nota pembelian nya karena akan lebih menguatkan bukti kepemilikan emas yang Anda miliki, namun tidak perlu khawatir ini tidak berpengaruh untuk menurunkan harga jual emas Anda.

4. NPWP

Merujuk pada PMK No 34/PMK.10/2017, untuk penjualan emas kembali atau buyback ke PT ANTAM Tbk dengan nominal lebih dari Rp 10 juta, dikenakan PPh 22 sebesar 1,5% (untuk pemegang NPWP dan 3 % untuk non NPWP)

jika anda memiliki NPWP akan lebih ringan tagihan pajak nya

5. Bawa Pendamping

Saat melakukan transaksi diwajibkan membawa pendamping untuk mempermudah dalam mengamankan tabungan Emas Batangan anda agar lebih aman di perjalanan apalagi jika nominal buyback nya besar.

Sekian dari berpikirlah, Emas Sangat bagus untuk investasi jangka panjang namun perlu di perhatikan caranya dengan teliti agar untung. Terimakasih atas kunjungan anda. Salah sejahtera untuk anda semua.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Ifan Juliantino
Ifan Juliantino

Ahli dalam dibidang teknik kimia, kesehatan keselamatan kerja, dan hobi desain grafis

Articles: 40