Cara menghitung Total Suspended Solid (TSS)

Bagi orang yang berhubungan dengan WWTP ( Waste Water Treatment Plant) pasti sering mendengarnya dan sangat penting selain (PH, COD dan BOD). maka dari itu Berpikirlah telah merangkum Cara menghitung Total Suspended Solids (TSS) untuk menambah wawasan teman-teman semua untuk keperluan di industri maupun di kehidupan sehari-hari. berikut rangkumanya .

Total Suspended Solid (TSS) adalah semua zat padat (pasir, lumpur, dan tanah liat) atau partikel-partikel yang tersuspensi dalam air berupa komponen biotik (fitoplankton, zooplankton, bakteri, fungi,dll), ataupun komponen abiotik (detritus dan partikel-partikel anorganik).

pengukuran Total Suspended Solid (TSS) menggunakan metode Real Time, berbeda dengan BOD yang membutuhan masa inkubasi, dan COD memerlukan titrasi. Apabila menggunakan reagen hach membutuhkan pemanasan reaktornya dan PH saya rasa bisa lebih normal dalam beberapa waktu (berdasarkan pengamatan dan percobaan sendiri) tapi berbeda dengan TSS lebih fluktuatif.

Jadi penting sekali untuk menjaga agar nilai Total Suspended Solid (TSS) sesuai baku mutu lingkungan hidup. Salah satu faktor yang di anggap penting adalah memantau flow pengguan koagulan dan flokulan sesuai dengan dosis yang sudah di tetapkan (setiap PT/Industri berbeda-beda) agar mampu mengikat koloid.
Selama nilainya di bawah baku mutu <60 ppm (setiap industri berbeda-beda), maka aman untuk perairan dan makhluk hidup yang ada di air. Tapi ketika sudah melewati baku mutu maka akan berdampak pada berkurangnya kadar oksigen di dalam air sehingga apabila dalam waktu lama kurang baik untuk makhluk hidup yang ada di air seperti (Ikan,Ganggang,Mikrooganisme,dll). Karena prosesnya pembuangannya secara continue.

Diagram tss
Gambar HACH DR 900 TSS
  1. Pertanyaan: yang sering di ajukan saat menghitung nilai TSS Pertanyaan : Cek TSS apakah bisa menggunakan instrument, selama ini yang di ketahui pakai metode filtrasi-gravimetri saja ?
    Jawaban: Bisa, dengan menggunakan instrument HACH DR 900, yang sudah terprogram untuk menentukan nilai TSS
  2. Pertanyaan: Apakah menggunakan Reagent Tambahan ? Jawaban: tidak pakai reagent tambahan. Cukup air samplenya saja, langsung bisa di read oleh program dari DR900 dan pastinya harus pakai fresh water dulu untuk blankonya agar bisa terbaca. Hanya membanding dengan blangko (aquades).

Secara Garis Besar Hampir sama di setiap WWTP di industri, perlu di perhatikan bahwa nilai Total Suspended Solid (TSS) Wajib di bawah Bakumutu lingkungan, agar terciptanya kehidupan di dalam air sehingga ekosistem dapat berjalan dengan baik.

Demikianlah Rangkuman Total Suspended Solid (TSS) Versi Berpikirlah, yang dapat teman-teman gunakan di industri maupun kehidupan sehari-hari. Terimakasih sudah berkunjung.

Sumber: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (menlhk.go.id)

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Ifan Juliantino

Ahli dalam dibidang teknik kimia, kesehatan keselamatan kerja, dan hobi desain grafis

Articles: 39