Cara Menghadapi Interview HRD dan User Perusahaan

Interview adalah tahapan awal untuk masuk kedalam pekerjaan baru (Proses Recruitment) yang pasti di hadapi bagi pelamar kerja. Interview HRD ini akan menjadi proses di mana perusahaan melihat karakter serta kemampuan kamu untuk bekerja bersama mereka. maka dari itu Berpikirlah sudah merangkum agar teman-teman dapat di terima bekerja di perusahaan yang di impikan.

sebelum interview pastikan kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi interview ini dengan baik.

Proses interview pada umumnya akan terjadi 2 kali

1. Interview HRD
2. Interview User

Baca: 9 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Mudah Halal

Interview HRD merupakan proses pertama yang akan kamu lalui sebagai tahap penyaringan awal untuk mendapatkan pekerjaan. Interview HRD yaitu proses pertama yang akan dilalui pelamar kerja sebagai tahap penyaringan awal untuk mendapatkan pekerjaan baru yang di harapkan. Setelah kamu memasukkan lamaran, biasanya pihak perusahaan akan menjadwalkan interview dan melakukan pemanggilan.

Interview USER adalah tahap lanjutan dalam proses rekrutmen di mana wawancara akan dipandu secara langsung oleh calon atasan biasanya di lakukan oleh Manager/Ass Manager, Supervisor, Superintendent, Direktur maupun jajaran Team management atasan lainya yang akan memakai keahlian kita dalam bekerja di industry. Jenis wawancara ini dilakukan dengan tujuan tertentu, yakni supaya calon user di kantor/industri lebih mengenal kemampuan dan kepribadianmu.

Interview user bertujuan untuk menggali kemampuan teknis (skill) yang ada di dalam CV. Wawancara user sangat menantang karena akan menguji ilmu pengetahuan, keterampilan, sifat, kelebihan dan kekurangan kandidat pekerja. Materi tesnya berbeda-beda, tergantung posisi pekerjaan yang kamu lamar. Cara mengahadapinya bisa melihat dari JOB DESK perusahan posisi yang dilamar.

Contoh: Saya Memiliki keahlian dalam Microsft Exel, Design menggunakan Software Autocad, Bahasa inggris yang aktif, memiliki SIO, memiliki Sertifikat kemenaker & BNSP, semua akan teruji oleh USER, maka dari itu berikan kemampuan terbaik kalian sebagai pelamar kerja yang sangat mendambakan di terima di perusahaan tersebut

Beberapa Contoh Interview HRD

Inilah beberapa contoh interview HRD
Gambar Interview saat melamar kerja

1. Ceritakan tentang diri Anda ?

Jawaban: Ceritakanlah diri anda secara singkat, padat, dan jelas yang dapat menambah nilai jual kemampuan anda kepada perusahaan

Contoh: nama saya Rina Kurina saya Lulusan dari Universitas Terbuka Jurusan Studi Lingkungan tahun 2022 dengan IPK 3,3 , memiliki keahlian Menyusun AMDAL, serta mempunyai Lisensi Kesehatan Keselamatan Kerja dari Kemenaker RI, dan memiliki kemampuan Bahasa inggris secara aktiv baik lisan maupun tulisan.

2. Apa yang Kamu Ketahui Mengenai Perusahaan?

Jawaban: Baca Company Profile perusahaan tersebut, memproduksi apa, bergerak di bidang apa, visi misi perusahaan apa, sehingga teman-teman bisa mengetahui gambaran perusahaan, sehingga HRD dapat menilai bahwa teman-teman sangat berharap bekerja di perusahaan tersebut.

Contoh: Perusahaan yang bapak/ibu pimpin merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang bahan kimia, memiliki standarisasi ISO 14001, 45001, 9001, dan sudah standarisasi SMK3 sehingga sudah termasuk perusahaan yang sangat bagus.

3. Apa Kelebihan Anda?

Jawaban: Ungkapkan semua Potensi dan Keahlian anda secara detail meliputi Skill, Pemikiran, Sertifikat keahlan, yang dapat menambah nilai jual teman-teman di mata perusahaan sehingga dapat berkontribusi bagi organisasi perusahaan.

Contoh: Kelebihan saya dapat berkontribusi secara pribadi maupun tim dengan keahlian yang saya miliki, seperti memiliki pengalaman sebagai Operator DCS yang memahami prinsip kerja Reaktor dan polimerisasi kimia, lalu saya dapat mendsign dan membaca gambar  AUTOCAD, saya memiliki lisensi K3 dari kemenaker RI sehingga dapat mengingatkan rekan kerja jika dalam kondisi yang berbahaya untuk terhindar dari kecelakaan kerja.

4. Apa Kekurangan Kamu?

Jawaban: Ungkapkan kekuranganmu yang dapat di perbaiki dan menjadi nilai tambah dalam berorganisasi di perusahaan, hindari kekuranganmu karna sifatmu karena sifat sulit untuk di perbaiki menurut ilmu psikologi.

contohnya : Saya Terlalu semangat bekerja hingga lupa waktu pulang namun saya dapat memperbaikinya dengan memberikan alrm. dll

5. Mengapa Anda tertarik ke perusahaan ini?

Jawaban: berikan respon Positif perusahaan bahwa anda sangat berharap ingin bekerja di perusahaan tersebut dan mampu bekerja mandiri maupun tim.

Contohnya : Perusahaan yang bapak/ibu pimpin memiliki Managament yang sangat bagus sehingga saya sangat tertarik bergabung dan berkontribusi untuk memajukan perusahaan.

6. Mengapa Anda Tertarik dengan Posisi ini?

Jawaban: Jawablah dengan sangat antusias bahwa teman-teman sangat cocok di posisi yang sedang di lamar

contoh: Saya sangat tertarik dengan posisi sebagai Operator Proses Produksi dengan keahlian dan latar pendidikan saya yang sangat sesuai sehingga saya dapat memberikan kontribusi semaksimal mungkin agar menghasilkan produk yang sesuai dinginkan oleh perusahaan.

7. Apa yang dapat anda berikan untuk perusahaan ? dll

Jawaban: Jawablah dengan potensi yang anda miliki

contoh: saya dapat bekerja sesuai SOP yang berlaku di perusahaan, saya bersedia bekerja SIFT maupun bekerja di hari weekend dan dapat bekerja hari libur nasional sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang ada. dll

Beberapa Contoh Interview User :

Inilah beberapa contoh interview user
Interview User


1. Ceritakan Pengalaman kamu sebelumnya?

Jawaban: jika teman-teman freshgraduate/belum punya pengalaman bisa menjawab dengan pengalaman Organisasi, lomba atau pelatihan yg pernah kamu lakukan

2. Apa saja yang kamu kerjakan dipengalaman kamu sebelumnya?

Jawaban: Usahakan menjawab dengan keahlian yang di butuhkan perusahaan yang dilamar

3. Apa halangan tersulit yang Anda temukan pada pekerjaan sebelumnya serta cara mengatasinya?

Jawaban: jadikan halangan tersulit sebagai nilai tambah pengalaman teman-teman, hindari mengeluh sesulit apapun itu pekerjaanya.

4. Seberapa baik Anda mengenal perusahaan kami?

Jawaban: Jawablah semua kelebihan perusahaan dengan membaca company profile di website perusahaan, Linkedin dll seperti memproduksi apa perusahaan tersebut, sudah memiliki Lisensi ISO, memiliki management yang sangat bagus dll

5. Apakah kamu mengetahui tentang Pekerjaan yang kamu lamar

Jawaban: Pastikan jawaban teman-teman sesuai dengan Jobs desk yang sesuai posisi yang sedang dilamar.

6. Apa yang membuat Anda tertarik bekerja di perusahaan kami?

Jawaban: Jawablah dengan sangat antusias bahwa anda layak menempati posisi yang perusahaan butuhkan, berikan kepercayaan kepada user bahwa anda merupakan kandidat terbaik.

Nah itu dia penjelasan menghadapi Interview HRD dan Interview User.
Pastikan sebelum interview teman-teman sudah mempersiapkan semua jawabanya ya, seperti mendalami Recruiter perusahaan dan posisi yang kamu lamar atau bisa lihat referensi-referensi dari website perusahaan, dengan itu kamu akan mendapatkan jawaban secara garis besarnya.

demikianlah Rangkuman versi berpikirlah, yang dapat teman-teman gunakan sebagai persiapan menghadapi Interview kami do’akan teman-teman cepat diterima bekerja di perusahaan yang di impikan.



Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Ifan Juliantino
Ifan Juliantino

Ahli dalam dibidang teknik kimia, kesehatan keselamatan kerja, dan hobi desain grafis

Articles: 41

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *