Cara menghadapi Interview Agar tidak Gugup

Sering Kali saat menghadapi Interview baik oleh HRD maupun User Perusahaan kita merasa gugup, tenang saja berpikirlah sudah merangkum cara jitu agar teman-teman tidak gugup saat interview sehingga mendapat pekerjaan impian yang di dambakan. simak sampai habis ya teman-teman.

Cara berikut ini bisa menjadi solusi yaitu berakar pada Perencanaan dan Persiapan sebelum melakukan Interview :

1. Mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul, Anda bisa menggunakan beberapa cara :

  1. Search di google / youtube
  2. Beli buku terkait pertanyaan saat interview kerja

2. Tuliskan 10 pertanyaan yang mungkin ditanya Rekrutmen berdasarkan Langkah Pertama di atas.

Baca: Cara Menghadapi Interview HRD dan User Perusahaan

3. Tulis jawaban Anda di kertas. Anda diperkenankan untuk menghapus berkali-berkali dan memilih jawaban yang paling sesuai.

4. Berikan jawaban Anda tersebut kepada istri/suami atau teman dekat Anda, atau mungkin kepada HR yang Anda kenal baik. Minta review mereka sambil Anda jelaskan tujuan jawaban Anda tersebut untuk setiap pertanyaan yang diajukan. Reviewer harus mereview berdasarkan patokan tujuan Anda selain pada patokan rekrutmen secara umum.

5. Kembali ke poin 3, sekarang, garis bawah 1 pokok pikiran setiap jawaban pertanyaan tersebut. Dan maksimum jawaban Anda adalah 5 kalimat per 1 pokok pikiran agar menghadapi gugup saat interview

“Langkah ke-5 ini adalah rencana Jawaban ketika Anda tiba-tiba menjadi gugup. Artinya, segugup-gugupnya Anda di interview tersebut, pokok pikiran setiap jawaban Anda telah tersampaikan.”

6. Anda perlu membuat Pohon Skenario Pertanyaan vs Jawaban Anda.

”Pohon Skenario Pertanyaan ini akan saya bahas dalam tulisan selanjutnya. Namun, intinya adalah Anda membuat 2-3 opsi jawaban atas pertanyaan awal (misalnya Opsi 1, Opsi 2, Opsi 3), dan kemudian : dari 2-3 opsi jawaban tersebut, Anda pikirkan 3 kemungkinan pertanyaan kritis atas setiap Opsi tersebut”

7. Lakukan hal sama seperti Langkah ke-4.

”Langkah ini sangat penting sekali sekalipun Anda sudah membuat Pohon Skenario Pertanyaan. Karena, bisa saja apa yang Anda ucapkan menimbulkan kesan negatif. Atau sebaliknya, apa yang perlu Anda ucapkan sebagai Inti Jawaban tidak tersampaikan dengan jawaban tersebut.”

8. SIMULASI Interview dan di Rekam menggunakan Ponsel maupun kamera.

” Ajak istri dan atau anak Anda untuk menjadi Interviewer Anda. Lakukan latihan interview dengan 2 opsi Gaya Rekruter/User, yaitu Gaya Ramah vs Gaya Jutek,

dengan variasi Pohon Skenario Pertanyaan di langkah 6.”

Demikianlah Rangkuman dari Berpikirlah yang dapat menjadi refrensi untuk menghadapi Interview dan sudah terbukti banyak meloloskan tahap interview, semoga mendapatkan pekerjaan impian terus berjuang jangan pernah menyerah demi masa depan yang indah salam dari kami.