Cara Mengetahui Artikel Copy Paste Dan Apakah Terindex Google

Sudah hal yang umum apabila artikel kita di plagiat atau terkena copy paste entah itu sebagian maupun keseluruhan, bahkan masalah plagiarisme artikel itu udah ada semenjak tahun 1999, ketika detik.com masih belum besar seperti sekarang.

Lalu bagaimana cara mengatasi untuk mencegah artikel di plagiat? Sebenarnya gak ada caranya, yang ada hanya kita mengetahui dan melaporkan masalah ini ke google DMCA. Karena mau sampai kapanpun plagiarisme pasti ada bagaimanapun metodenya.

Mengetahui Artikel Plagiat

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengetahui plagiarisme dalam dunia website mulai dari memasukkan tiap paragraf ke google search, menggunakan tool plagiarism checker, dan lebih mudahnya hanya pakai URL otomatis dikerjakan oleh bot.

Jadi saya pilih metode menggunakan plagiarisme checker, karena lebih murah dan juga mudah diakses.

Oh iya, saya ingin memberi tahu bahwa cara ini saya gunakan di wordpress, untuk yang menggunakan blogspot cukup copy semua artikel kamu pada panel edit di blogger.com

1. Download plugin apose.word dan aktifkan (apose word berfungsi untuk mencopy paste artikel tanpa gambar biar lebih rapih untuk di import ke plagiarisme tool)

2. Jika sudah, silahkan ke bagian menu post>semua

3. Setelah itu cari dan klik “Export To TXT” Seperti gambar dibawah ini

Mengatasi artikel copy paste menggunakan apose word

4. Apabila sudah klik “Export To TXT”, kalian akan ditampilkan seperti ini lalu klik “view post” Dan “Back To List”

export article wordpress to txt

5. Setelah itu kalian ulangi seperti tadi, nanti akan muncul logo yang berbeda seperti gambar dibawah ini lalu klik saja

6. Setelah mengklik tombol unduh nanti kamu akan ditampilkan semua artikel kamu yang bisa di copy paste untuk di import plagiarisme checker

Cara Laporkan Artikel Copy Paste Ke DMCA Google

Untuk kamu yang artikenya sudah terlanjur di copas lebih baiknya laporkan artikel tersebut ke google, biasanya untuk konten yang plagiat secara mentah atau tanpa di edit sama sekali

Itu akan memakan waktu untuk google menyelidiki apakah konten tersebut benar-benar hasil copas atau memang unik dan bukan hasil plagiat.

Silahkan Klik lapor google DMCA, silahkan isi persatu untuk melaporkan artikel plagiat, usahakan beri informasi secara lengkap agar tim review google langsung menindaklanjuti.

Dan untuk kamu ingin mengecek apakah artikel sudah Terindex atau belum, silahkan ketik di Google

site:domainkamu/artikel/

Setalah itu kamu akan diperlihatkan apakah sudah terindex atau belum, contohnya seperti gambar dibawah ini

Mengetahui artikel Terindex google atau belum

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204