Cara Mengatasi DDoS + Gambar Setiap Langkah

Sebagai pemilik website tidak akan luput yang namanya jingling atau DDoS, lalu bagaimana mengatasi nya? susah atau mudah? tentu saja mengatasi DDoS itu sangatlah mudah.

Apabila kamu menggunakan hosting, pilihan untuk mengatasi jingling adalah cukup menggunakan cloudflare, namun jika menggunakan VPS dan diinstal litespeed web server, kamu juga bisa menggunakan metode throttle

Cara Mengatasi DDoS Menggunakan Cloudflare

Cara mengatasi DDoS menggunakan cloudflare

Sebelum ke tahap langkah-langkahnya, pastikan kamu memiki domain yang bisa login ke client area atau pemilik penuh domain tersebut.

Dan untuk yang menggunakan domain blogspot tidak bisa menggunakan cara ini, hanya domain tld yang bisa.

Oh iya untuk kamu yang ingin menggunakan CF tidak bisa sembarangan menggunakannya, karena jika salah langkah-langkahnya akan membuat website kamu lemot, jadi sebelum itu silahkan baca cara menggunakan cloudflare untuk mempercepat website

Daftar Ke Cloudflare Untuk Mengatasi DDoS

Silahkan untuk yang tidak memiliki akun CF mendaftar atau Login terlebih dahulu. Dan jika sudah masuk ke dashboard tampilannya seperti ini dan masukkan domain yang kamu miliki dan yang ingin disandingkan dengan Cloudflare

Tambahkan Domain

Add Site domain yang kalian miliki dan yang ingin disandingkan dengan cloudflare. Setelah berhasil add domain, kalian akan di minta untuk memasukkan name server.

Set Nameserver

Jika sudah berhasil menambahkan domain, kamu akan dimintai untuk memasukkan name server atau menggantikannya default ke cloudflare nameserver.

Saya yakin yang memiliki domain paham apa yang dimaksud.

Login Ke Clientarea

Kembali ketopik, atur namserver yang diberikan oleh cloudflare, patut diketahui bahwa setiap email memiliki berbeda namerver, jadi jangan menggunakan milik saya.

Tunggu Propagasi DNS

Jika berhasil propagasi, tampilan nya akan berubah dari inactive ke active berwarna hijau. Lalu apa yang harus dilakukan? Silahkan simak langkah demi langkah.

Cari Menu Firewall Dan DDoS

Ketika pilih firewall lalu cari Bots dan ceklis “bot fight mode” untuk mencegah dan mengatasi DDoS. Selanjutnya ke menu DDoS tampilannya akan seperti ini, silahkan pilih sesuai keinginan kalian.

Ketika kamu klik menu DDoS, kamu harus usap ke kiri untuk melihat menu configure dan akan menampilkan seperti gambar diatas.

Silahkan pilih level keamanan yang ingin kamu terapkan, lebih baik low saja dan metode blokir nya menggunakan captcha, takutnya yang Diblokir adalah visitor manusia bukan bot.

Baca: Dampak Terkena DDoS Atau Jingling Terhadap Website

Cara Mengatasi DDoS Menggunakan Litespeed Web Server

Perlu di ketahui, bahwa cara ini berfungsi hanya kepada vps pribadi bukan hosting dan terserah tipe Litespeed apapun itu, contohnya openlitespeed atau Litespeed enterprise semua sama aja.

Apa yang harus dilakukan?

  1. Login ke web admin console biasanya default port yaitu http://ipkamu:7080/
  2. Pilih bagian security
  3. Dan cari menu throttling
  4. Setting sesuai gambar dibawah
mengatasi DDoS menggunakan Litespeed web server

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204