Apa Itu Bulking? Berapa Lama Durasi Untuk Bulking?

Gua yang kurus selalu mengeluhkan kenapa badan gua selalu kurus walaupun makan banyak, ternyata makan sebanyak mungkin gak bisa badan jadi berotot.

Kalian butuh yang namanya bulking, lalu apa itu bulking?

Secara singkat dan sederhana, bulking merupakan kegiatan untuk menambah berat badan dengan cara kalori surplus.

nah disini bulking itu dibagi dua yaitu:

Clean Bulking

Dirty bulking vs clean bulking

Seperti namanya clean bulking merupakan bulking dengan memakan makanan yang bersih dari minyak, lemak berlebihan sesuai kebutuhan kalori harian kalian.

Terus bagaimana cara menghitungnya? Klik Cara Menghitung BMR (Kebutuhan Kalori Harian)

Tipe bulking seperti ini cocok buat kalian yang pekerjaan nya selalu buka baju seperti perenang atau yang bercita-cita menjadi atlet binaraga.

Durasi clean bulking itu sangatlah lama yaitu 1 kg/bulan berat badan bertambah bukan otot ya, terus kalian gak bisa sembarangan masukin makanan ke tubuh kalian.

Dirty Bulking

Menambah kan berat badan dengan cepat
source: bodybuilding.com

Namanya dirty jadi wajar bentuk badan kalian tidak sempurna ototnya, karena di dirty bulking kalian gak peduli makan apa yang dimakan.

Tapi menurut saya ini benar benar membantu bagi yang ingin berat badan bertambah tanpa perduli otot.

Toh saya juga bukan binaraga yang dituntut untuk mempunyai otot yang bagus serta menawan.

Penjelasan

Jadi pilih mana? Di antara dirty bulking vs clean bulking, kalo ini yang bisa menjawab hanya kalian yang punya tubuh.

Jika ingin memamerkan otot tentu saja clean bulking, namun untuk badan kalian yang Kurus susah gemuk, yang pasti dirty bulking tidak masalah sebagai pilihan.

Jadi berapa lama durasi bulking? Durasi bulking yang ideal itu 9 bulan-1 tahun.

Lama ya? Makanya buat kalian yang kurus jangan merasa minder terhadap orang yang punya badan bagus, sebenarnya sama aja mereka dulu badan nya seperti kalian tapi yang membedakan mereka ingin berusaha sedangkan kalian? Tentu saja harus usaha untuk kesehatan kalian.

oh iya saya lupa satu hal, surplus kalori kalian ketika olahraga, durasi olahraga berapa lama, dan berapa hari olahraga yang kalian lakukan itu biasanya berbeda dengan BMR, jadi kalian harus menambahkan kalori lagi 200-300 kalori dari kebutuhan BMR kalian.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204