Apa Itu DA PA Dan Apakah Itu Penting Untuk SEO?

Kebanyakan blogger tertipu dengan website yang memiliki domain authority tinggi entah membeli backlink dengan iming-iming bisa meningkatkan trafik secara drastis, yang nyatanya justru zonk. Apalagi gak sedikit orang tergiur pada Backlink PBN DA PA tinggi yang katanya lebih murah dan lebih cepat terasa efeknya.

Namun itu semua bertolak belakang pada kenyataan, padahal sesungguhnya domain yang memiliki DA PA tinggi tidak menjamin bahwa website tersebut bagus dimata google.

Jadi apakah DA PA itu penting untuk seo? Jawabannya adalah iya dan tidak. Karena situs yang memiliki domain authority dan page authority tinggi belum tentu trafik dan kualitasnya baik di mata google namun jangan salah bahwa sebenarnya kedua itu nilai penting jadi mari kita bahas sampai tuntas agar kami tidak terlalu bingung.

Apa Itu DA PA

Domain Authority dan Page Authority merupakan sebuah penilaian terhadap suatu website dan dikembangkan oleh MOZ, masih belum pasti apakah kedua penilaian tadi digunakan oleh google atau tidak namun secara pasti banyak yang mengatakan bahwa DA PA itu tidak menjadi tolak ukur google untuk menempatkan suatu website di halaman satu.

Alasan Domain Authority Dan Page Authority Itu Penting

Ada beberapa alasan mengapa fitur moz ini sangat berarti untuk penilaian suatu situs yakni:

  • Seberapa terpercaya google terhadap suatu web
  • mengetahui sumber backlink
  • Dan bisa menjadi tolak ukur untuk menilai apakah situs tersebut cocok untuk pasang backlink.

Nah, maka dari itu apabila jika kamu ingin melakukan konten placement harus melihat seberapa berkualitasnya situs website tersebut. Karena apa? Semisal kamu melakukan konten placement di situs web yang buruk, itu akan menyebabkan:

  1. Situs terkena penalti dari google
  2. Deindex
  3. Penghasilan menurun
  4. Trafik semakin sedikit

Lantas apa hubungannya penghasilan dan trafik? Jadi gini, ada beberapa konsekuensi yang akan diterima untuk orang yang dianggap memanipulasi rank di google search bakal diberikan penalti, dimulai dari urutan artikel kamu yang menurun, hingga deindex yang artinya situs kamu dimulai dari artikel, kategori, homepage, akan hilang dari Google search.

DA PA Bisa sumber

Ini yang harus diperhatikan apabila melihat domain yang memiliki DA PA yang tinggi namun masih tergolong baru, lalu bagaimana kita mengetahui bahwa blog yang akan kita jadikan sebagai partner itu benar benar-benar bagus, Simak point penting ini:

  • Domain baru
  • Sama seperti tadi, domain baru namun melakukan spam backlink.

Makanya kalian harus lebih jeli untuk menjalin kerjasama oleh website lain, lihat dari mana sumber backlink, berapa umur domain, berapa trafik perhari, total jumlah artikel yang dimiliki. Jangan tergiur dengan harga murah sehingga mendapatkan penalti dari google.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204