Apa Itu Anime? Apakah Beda Dengan Kartun?

Mungkin buat orang tua jaman sekarang selalu salah membedakan antara kartun dan anime.

Walaupun gak salah jika ada orang yang menyebut anime itu kartun, namun ada aspek yang perlu dilihat lebih detail kalo itu beda dengan kartun.

Asal Muasal

anime pertama dunia.gif

Banyak yang mengatakan pembuatan anime pertama yang tertua tidak bisa di pastikan secara pasti kapan dibuatnya

Namun berdasarkan bukti yang ada, bahwa anime sudah ada pada tahun 1907 dan 1911 namun bisa aja ada sebelum tahun tersebut.

Berapa lama durasi anime tertua yang pernah ada? Jawabannya 3 detik.

Itupun belum terkenal sama seperti sekarang, Bahkan jepang mengenal anime karena animasi Barat yang kita kenal sebagai kartun yang di tayang kan di jepang yang berjudul The Nipper’s Transformations

Tujuan Dibuat Dan Sejarahnya

Gak ada sumber pasti sebenarnya tujuan dibuat untuk apa, namun saya simpulkan bahwa animee sebenarnya mirip seperti wayang kulit yang digunakan oleh salah satu wali songo untuk mengenal kan islam secara menyenangkan.

Dan kemungkinan pemerintah jepang menyadari potensi bakal disenangi makanya disusupi propaganda.

Seperti pada tahun 1945 angkatan laut Jepang meminta pembuatan anime berjudul Momotarō: Umi no Shinpei untuk propaganda, tujuannya apa? Di dalam alur cerita tersebut memperlihatkan bahwa jepang itu membantu Indonesia sesama negara asia yang padahal berniat untuk menjajah.

Ya mirip 3G tapi versinya jepang yaitu 3A, Jepang cahaya asia, Nippon Pelindung Asia, Dan Nippon Pemimpin Asia.

Lalu Bedanya Anime Dan Kartun Itu Apa?

Ini yang sering disalah artikan oleh sebagian banyak orang termasuk para orang tua di Indonesia.

Baca: Apakah Animee Itu Haram?

Kartun adalah sebuah animasi yang dibuat notabene nya wilayah barat seperti amerika atau eropa dan bisa jadi kanada.

Sedangkan anime adalah sebuah kartun yang dibuat dikhususkan untuk negara Jepang, oleh karena itu selalu memprioritaskan dub Jepang karena pasarnya untuk lokal.

Nah, perlu di ketahui lebih dalam lagi. Bahwa anime kebanyakan itu bukan 3d animasi, beda dengan kartun, kalo kartun ada 3dnya, kartun yang sering disebut kebanyakan orang, contohnya frozen, Onward, How To Train Your Dragon, Kung fu panda, Moana, Tangled, Dll.

Terus kalo untuk kartun dewasa apa? Ya sama aja disebutnya kalo dalam bahasa Inggris yaitu adult cartoon. Nah bukan berarti adult cartoon itu merupakan kartun porno, kemungkinan ada adegan yang tidak boleh dilihat anak kecil karena mengandung unsur kekerasan, pelecehan, dan tindakan yang membuat orang lain rugi.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204