Inilah Alasan Mengapa Anime Haram Dalam Islam

Halo sobat berpikir, banyak sekali dalam pertanyaan saya ketika baru pertama kali nonton anime, pertanyaan yang pertama yaitu “gua nonton anime haram dan berdosa gak sih? jangan-jangan haram lagi”.

Untuk sebelum ke penjelasan nya mari kita ketahui sebenarnya anime itu apa? Anime adalah animasi ciptaan jepang yang mengambil kata dari bahasa Inggris yaitu “animation.

Lantas tujuan anime dibuat oleh jepang itu apa? Pada awalnya dulu jepang kalah dalam perang dunia kedua, lalu pihak Jepang berpikir keras bagaimana Nippon ini di cintai oleh seluruh rakyat dunia.

Akhirnya lah dibuat anime bertujuan propaganda sehingga ketika Nippon berganti nama menjadi Jepang tapi disisi lain mereka berambisi untuk membangkitkan negaranya kembali. Oh iya, tapi sebelum jepang kalah, udah ada kok anime tapi masa hitam putih.

Ternyata Anime Haram! Apabila….

Secara harfiah apapun yang dinikmati secara tidak sah atau ilegal entah itu berupa barang atau visual akan hukum nya haram. Lantas bagaimana jika kita membeli suatu barang tersebut? Nah oleh karena itu jangan sampai melupakan hal yang lain.

Contoh yang menyebabkan Anime menjadi haram walaupun legal.

  1. Anime pornografi.
  2. Mengandung nilai-nilai tidak sesuai Islam (mengarah menduakan Allah).
  3. Melupakan kewajiban ibadah atau lupa waktu keasyikan nonton anime dan tidak ingat jika waktunya shalat.
  4. Anime yang menghina Islam.

Namun sebelum itu kupas lagi lebih dalam alasan kalian jangan nonton anime haram. Bukan rahasia umum lagi anime karakter menggunakan pakaian terbuka, emang ada sebagian orang nafsu dengan anime.

Setelah saya baca ceramah dan menonton dakwah Buya Yahya, sebenarnya kita tidak di perbolehkan melihat objek yang membuat kita itu mengeluarkan nafsu, entah itu film, manusia asli, atau berupa gambar.

Anime sebenarnya tidak haram namun lebih baik di hindari menonton anime yang karakter nya memperlihatkan belahan dada atau pakaian terbuka, yang membuat syahwat kalian naik dan akhirnya masturbasi.

Jadi bukan masalah haramnya, tapi dosanya karena seperti yang kita tahu bahwa membuka aurat sudah ada sejak zaman nabi, bahkan perzinahan pun sudah ada sejak Rasulullah SAW hidup.

Karena konsep haram merupakan sebuah larangan keras.

Bolehkah Nonton Anime Yang Mengandung Unsur Kekristenan?

Bukan hal tidak biasa ketika kamu menonton anime ada salib, gereja, dan pendeta. Terus kalo misalnya menonton mengandung unsur tersebut auto haram? Namun sebelum itu mari kita cari tahu, apa ketika kalian tonton anime yang ada unsur kekristenan, apakah menjadi?

  • Iman nya goyah?
  • Menjadi mempercayai trinitas?

Jika kalian tidak merasakan yang saya tanyakan tadi tidak perlu khawatir, pada sebenarnya kita mustahil sekali iman kita goyah hanya sekedar menonton anime, terlebih lagi anime sama sekali tidak mempunyai agama.

Beda cerita nya ketika anime tersebut mengandung ajaran Kristen namun menghina Islam, tentu saja wajib tidak menontonnya, karena apa?

  1. Dalam kristen tidak diajarkan yang namanya menghina agama lain, layaknya agama Islam.
  2. Tentu saja, sudah menghina kepercayaan kalian yang seharusnya kalian menjunjung tinggi ajaran Islam yang apabila jangan diam ketika agama kalian di hina.

Jangan menikmati Anime Yang Menampilkan Iblis, Jika !!!…

Buat kalian anime lover atau otaku yang beragama Islam lebih baik menghindari anime yang didalamnya menunjukkan bahwa Iblis lebih kuat dari tuhan, jangan sama sekali !!! Apabila anime tersebut mengambil sudut pandang dari agama Islam.

Pasti buat kalian para wibu bau bawang, tidak asing dengan yang namanya pendeta lebih lemah dari Iblis atau sebaliknya, atau gereja yang menjadi sarang iblis. Nah dari situ, jika ada anime yang mengatakan Allah lebih lemah dari iblis kalian harus banned dari list tonton anime kalian !!! Karena itu menjauhi aqidah Islam.

Tentu saja, banyak sekaki hadist dan ayat Al-Qur’an bahwa kaum Iblis itu lemah apabila kita menjadi manusia yang bertaqwa dan beriman.

Apakah Menggambar Anime Itu Haram?

Jawabannya tidak, ada beberapa pandangan ulama mengatakan menggambar adalah tindakan yang haram.

Tapi juga ada yang memberi fatwa bahwa menggambar itu halal, selama ada kaidah-kaidah yang harus dijaga.

Maksudnya gimana? Ada sebuah dalil shahih bahwa meletakkan patung di dalam rumah itu haram, tapi ada fatwa ulama mengatakan bahwa dulu pada zaman nabi patung identik dengan penyembahan.

Oleh karena itu, patung di sebut haram karena pada masa nabi Muhammad, jika sekarang zaman sudah modern, banyak orang meletakkan patung hanya untuk dekorasi.

Disitulah fatwa ulama mengatakan bahwa patung boleh di letakkan dalam rumah apabila tidak disembah.

Sama saja dengan menggambar anime itu tidak haram, jika hasilnya tidak di sembah.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204