AMP: Manfaat, Fungsi, Keunggulan, Dan Pengertian

AMP yang biasa di sebut accelerated mobile page merupakan sebuah perangkat lunak yang dibuat dan dikembangkan langsung oleh google dengan bertujuan untuk mempercepat loading suatu website.

Tentu saja dengan adanya AMP memberikan kenyamanan kepada pergunjung website kita, lalu sebenarnya kegunaan dan manfaatnya apa sih?

Pengertian Accelerated Mobile Page

Google pada tahun 2015 meluncurkan AMP untuk alasan karena perkembangan perangkat mobile yang begitu pesat dan terlebih Google Berinisiatif membuat propaganda bahwa “ini lho lebih baik menggunakannya”.

Walaupun Google tidak mewajibkan semua situs untuk menggunakan AMP, namun sudah terlihat tanda tanda bahwa Google lebih menyukai situs yang menerapkan Accelerated Mobile Page pada situs yang dimiliki seseorang.

Manfaat

Ada beberapa kelebihan Accelerated mobile page, namun yang pasti adalah ketika kalian menerapkan software ini pada website kamu, yang dirasakan adalah

  • Mengurangi beban server
  • Lebih responsive terhadap perangkat keras smartphone.
  • Kompatibel di semua versi handphone.
  • Mudah digunakan (jika Instalasinya pakai wordpress)

Mari kita bahas point pertama

Mengurangi Beban Server

manfaat amp adalag mengurangi beban server

Percaya gak sih jika kamu memakai amp pada situs yang kita miliki bisa meringankan lebih banyak dari sebelumnya. Karena yang sebelumnya traffik di handle oleh server namun ketika pakai AMP, artikel akan di cache lalu dikirim dan diakses melalui google.

Masih bingung cara kerjanya? gak perlu dipikirin, karena kita bukan web developer. Jadi cukup tahu bahwa ketika menerapkan AMP pada situs akan mengurangi beban terhadap permintaan server.

Compatibel Terhadap Semua Versi Smartphone

Mungkin untuk yang menggunakan platform blogspot tidak perlu pusing dengan masalah SSL yang kerap muncul, sedangkan untuk pengguna wordpress self-hosted seperti situs berpikirlah.com bahwa SSL adalah masalah yang membuat kita pusing.

Berbeda dengan amp, dimana ketika pengunjung mengakses melalui google, semua trafik akan ditangani langsung.

Mudah Digunakan

Okelah kita ketika menggunakan Accelerated Mobile Page dimana jika diterapkan sejuta keribetan yang ada, makanya para blogger gak ingin dipusingkan hanya gara gara itu dengan mengorbankan waktu mereka.

Berbeda dengan wordpress, dimana kamu dibantu oleh segudang plugin yang bahkan bisa memudah pekerjaan. Tapi memang ada beberapa theme wordpress yang dimana tidak support dengan amp

Kekurangan

Ada kelebihan dan juga pasti ada kekurangannya. Untuk blog kecil atau website yang masih memiliki trafik kecil lebih baik jangan gunakan amp karena percuma saja jika situs yang kamu miliki bisa di akses dibawah 2 detik.

Bahkan sekarang google sendiri tidak lagi mewajibkan atau mengistimewakan situs yang menggunakan amp jadi karena itu mungkin pikir lebih baik-baik ketika ingin menggunakannya.

Keunggulan

Mungkin sebagai pemilik website untuk mendongkrak rangking google merupakan sebuah tantangan yang begitu besar. Oleh karena itu mungkin tidak salahnya menggunakannya. Walaupun amp sendiri tidak mempengaruhi SEO, namun justru ketika menerapkan accelerated mobile page membuat situs lebih cepat dimuat.

Baca: Rekomendasi Plugin Untuk Menerapkan AMP Di WordPress

Yang artinya, semakin cepat artikel di akses akan semakin bagus juga dimata google untuk menempatkan di halaman satu google.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Prabowo Sakti
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 205

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *