7 Aplikasi Android Penyedia Komik Manga Dan Novel Legal Bahkan Gratis

Sekarang banyak sekali penyedia komik dan novel secara gratis namun sayangnya situs web atau aplikasinya menyediakan komik bajakan, oleh karena itu saya telah merangkum beberapa website maupun app untuk membaca manga dan novel secara gratis namun legal.

Tapi perlu diingat gratis disini dalam artian kamu mendapatkan tiket untuk membaca bukan layanannya tidak bayar selamanya, jika tiket untuk gratis baca sudah habis tentu saja akan diminta koin untuk membaca komiknya atau bisa menunggu besoknya lagi agar dapat akses secara gratis.

1. Kakaopage Penyedia Komik Yang Berfokus Genre Romance

Aplikasi komik Korea yang berfokus ke genre romantis
Penyedia Manhwa Romantis

Bagi saya kakaopage merupakan sebuah surganya komik romance, gimana tidak? Seperti yang kita ketahui bahwa Korea terkenal sekali dengan drama romancenya yang sangat begitu bagus, sama halnya kakaopage menyediakan komik yang berasal dari Korea yaitu Manhwa

Baca: 18 Manhwa Terbaik Dari Berbagai Genre Ada Yang Sudah Tamat

Yang paling saya ingat hingga sampai sekarang adalah manhwa cerminan jiwa, sebuah komik romance pertama yang saya baca dan membuat ketagihan.

Dikakaopage kalian bisa mendapatkan tiket membaca gratis dan untuk kalian pengguna baru biasanya digratiskan membaca sampai 10 chapter lebih dan itu tergantung ketentuan.


2. Noveltoon Aplikasi Pembaca Novel Legal

Aplikasi Pembaca novel resmi
Noveltoon

Seperti yang dilihat, noveltoon merupakan aplikasi untuk membaca novel secara resmi dan legal melalui kontributor, bahkan ada beberapa karya orang Indonesia disini lho yang bisa dibaca oleh kalian dan dari segi fitur dan performa appnya sendiri udah bagus.

Bahkan untuk kamu yang hobi menulis novel, ternyata bisa menghasilkan uang dari aplikasi noveltoon jadi ayo gabung dan kembangkan karya kalian di noveltoon.

Lanjut lagi, untuk kumpulan novelnya pun beragam alue ceritanya ada yang action, fantasi, dan romance, walaupun saya lihat kebanyakan novelnya itu bergenre romance.


3. Mangatoon

Mangatoon
mangatoon

Awal pertama kali saya mengunduh mangatoon dikira isi komiknya itu hitam putih dan ternyata berwarna! Sempat terheran karena tidak sesuai ekspetasi, seperti yang diketahui manga itu komik dari Jepang yang identik dengan hitam putih.

Baca: 10 Daftar Manga Terbaik (Bagus Masalah Selera)

Namun setelah saya membaca salah satu judul, ternyata untuk kualitas gambar dari setiap chapter komiknya benar-benar berkualitas, alur cerita yang beragam, dan juga kalian bisa mendapatkan tiket gratis sama seperti kakaopage.


4. KBM app

Komunitas bisa menulis
KBM

Sama seperti noveltoon, di KBM kamu bisa menjadi penulis maupun pembaca namun yang membedakan dari KBM itu adalah semua penulisnya merupakan orang Indonesia semua, tapi bedanya di KBM tidak sama seperti noveltoon.

Bedanya itu KBM kebanyakan cerbung (cerita bersambung), sayangnya untuk alur cerita di aplikasi KBM tidak beragam, kebanyakan cerbungnya itu romantis


5. Manga Plus By Shueisha

Manga plus comic legal dari Jepang
manga plus

Tidak seperti mangatoon, manga plus ini milik perusahaan Shueisha dari Jepang yang tentu saja legal dan bahkan ada beberapa manga populer yang bisa dibaca seperti one Piece, hunter x hunter, dan boku no hero academia

Tapi sayangnya manganya masih dalam berbahasa Inggris dan tentu saja ini kesulitan untuk kita yang tidak paham berbahasa asing, namun kalian bisa atasi dengan penerjemah yang bisa menerjemahkan gambar, banyak kok aplikasinya di google play tinggal cari saja.


6. Webtoon Penyedia Komik Legal Paling Awal

Aplikasi pembaca komik paling beragam
webtoon

Sama halnya kakaopage bedanya webtoon ini lebih bervariasi dan bagi saya lebih banyak jumlah komiknya daripada kakaopage, wajar aja sih karena webtoon sendiri lebih dulu rilisnya, bahkan ada webtoonist (pembuat webtoon) dari Indonesia yang sukses


7. Crunchyroll Manga

Crunchyroll Manga

mungkin untuk kalian yang belum tahu, crunchyroll merupakan salah satu penyedia anime legal beserta manga yang sudah terkenal sekali, namun sangat disayangkan kebanyakan animenya yang disediakan tidak bisa ditonton oleh orang domisili Indonesia

Dan untuk manganya sendiri berbayar, sekilas hanya berisi iklan, namun setelah saya cek melalui review google Play ternyata harus bayar jika untuk membaca manga di platform Crunchyroll

Penutup

Ya hanya itu saja daftar komik legal yang saya berikan, sebenarnya ada banyak penyedia komik yang lebih banyak dan lengkap, namun sayangnya komik yang disediakan itu bajakan atau tidak resmi.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204