5 Jurusan Kuliah Yang mudah mendapatkan pekerjaan ditahun 2022

Jurusan kuliah favorit yang berpeluang untuk masa depan bagi teman-teman yang baru lulus Sekolah Menengah Atas atau menengah kejuruan yang sangat menentukan masa depan , jangan sampai kita salah ambil jurusan atau hanya ikut ikutan trend yang ada.

semua harus sesuai minat dan bakat , berikut kami sampaikan 5 jurusan kuliah yang sangat berpotensi mendapatkan pekerjaan dengan mudah di tahun 2022 hingga 10 tahun mendatang. berdasarkan riset dan sumber-sumber terpercaya menurut berpikirlah.

1.Teknik Informatika Jurusan Kuliah Yang Akan Dibutuhkan pada masa depan

Kebutuhan akan seorang sarjana teknik informatika di masa depan sangat besar sehingga peluang pekerjaan di semua perusahaan sangat banyak , dan yang pasti memiliki penghasilan yang sangat besar , karena era digitalisasi di masa depan akan memacu perkembangan zaman yang lebih canggih.

dari jurusan teknik informatika terdapat beberapa keahlian khusus yang wajib di miliki seperti Teknisi ahli jaringan , programmer, security alret data, web design, design grafis, bahkan dapat menjadi bug bounty jika dapat memecahkan suatu kekurangan dalam situs besar seperti Facebook , google dsb maka kita akan mendapatkan reward yang sangat besar .

Data BPS mencatat lulusan teknik informatika semakin tahun semakin sangat di butuhkan , dan penyerapan tenaga kerja hinggal mencapai 97.2% di tahun 2021 ini. namun harus di iringi dengan kemampuan yang dimiliki jangan mengambil jurusan yang sedang trend dan berharap gaji besar saja , dan harus sesuai passion diri sendiri.

2. Teknik Perminyakan & Tambang

Teknik Perminyakan dan Pertambangan masih menjadi primadona 2 jurusan ini memiliki basic keilmuan yang hampir sama karena memiliki prinsip Eksplorasi Sumber daya alam, dari Eksplorasi Minyak & Gas Bumi, Batubara, Timah, Emas, Tembaga, Bauksit, Belerang, dll yang menjadi kebutuhan Energi bagi kemaslahatan hidup orang banyak, sehingga kebutuhan akan lulusan Teknik Perminyakan dan Pertambangan sangat di butuhkan, yang memiliki keahlian tersendiri dalam mengekplorasi kekayaan alam.

Salary yang di dapatkan juga sangat besar sehingga banyak perusahaan yang memberikan kesejahteraan bagi pekerja di dunia perminyakan dan pertambangan , namun tak hayal memiliki bahaya yang berbanding lurus dengan hasil yang di dapatkan.

jangan sampai apa yang kita Eksploitasi dapat membuat bencana , maka harus di perlukan AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan) agar tercipta nya keseimbangan ekosistem yang dapat seimbang.

3. Teknik Kimia & Kimia murni

Lulusan Teknik Kimia dan Kimia murni memiliki Lapangan pekerjaan yang sangat begitu luas, karena setiap industri memerlukan orang proses ( Teknik Kimia) dan formulator (Kimia murni).

Peran Lulusan Teknik Kimia sangat berperan penting sebagai insinyur proses dari bahan mentah (Raw material) menjadi bahan setengah jadi (Intermediate Product) maupun bahan jadi (Product) yang memiliki harga jual yang lebih tinggi, seperti pembuatan Biji Plastik HDPE, PE, PP, PET, PVC, Rubber, PVAc, IPA, PTA dll. Semua di kerjakan oleh lulusan Teknik Kimia.

jika diibaratkan lulusan teknik kimia adalah koki nya di bidang kimia, tak ayal perusahaan memberikan salary yang Besar untuk pekerja di Industri Kimia.

basic keilmuan dari lulusan teknik kimia semua alat-alat proses seperti Reaktor, Heat Exchanger, Boiler, Cooler, Pompa, wajib di pahami hingga Neraca Massa & Energi . Karena memiliki tanggung jawab yang sangat besar agar produk yang di hasilkan sesuai yang diinginkan (Inspeck),

Untuk Lulusan Kimia Murni sangat berperan menjadi Formulator dimana memiliki keahlian memformulasikan produk yang di inginkan dari kebutuhan pasar dan membuat Trial skala Lab dan Pilot Plant sebelum masuk kedalam Produksi yang lebih besar.

4. Dokter & Perawat Jurusan Kuliah Menjanjikan

Kuliah jurusan kedokteran merupakan sebuah profesi yang dibutuhkan di masa depan

Sehingga kebutuhan tenaga medis sangat berperan penting bagi kemaslahatan hidup orang banyak,

tak hanya menangani pandemi dokter & perawat juga menangani semua jenis penyakit dari ringan hingga berat maka tak ayal kebutuhan akan Dokter & Perawat semakin tahun semakin besar.

Untuk kisaran penghasilan yang di dapatkan juga sangat besar karena keahliannya yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. dan memiliki pengabdian yang besar terhadap masyarakat.

5. Teknik Sipil & Arsitektur Jurusan kuliah Favorit

Teknik sipil menjadi jurusan kuliah terbaik yang akan datang

Pemerintah sedang menggalakkan pembangunan dimana-mana dari proyek Jalan tol , gedung bertingkat, kawasan pemukiman, proyek strategis yang sangat banyak membutuhkan tenaga ahli dari lulusan Teknik Sipil & Arsitektur.

Tak ayal akan sangat menyerap banyak tenaga kerja untuk membangun semua fasilitas yang di harapkan dapat menjadi kemajuan suatu bangsa. Dari ide-ide brilian nya di harapkan bangunan-bangunan yang kokoh, jalanan yang mulus dan kenyamanan untuk hidup .

Salary yang di dapatkan juga tergolong besar karena memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan.

Nah Teman-Teman semua sekarang mau masuk kuliah jurusan mana yang sesuai bakat dan minat jangan samakan salah pilih jurusan ya , berpikirlah sudah memberikan wawasan kedepan agar dapat menentukan jalan terbaik untuk masa depan.