16 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Menurut USDA, pisang adalah sumber yang kaya protein, kalium, karbohidrat, dan serat makanan. Mereka memiliki nol lemak dan kolesterol, serta natrium yang dapat diabaikan. Kandungan nutrisinya yang mengesankan meliputi banyak vitamin seperti vitamin C, vitamin B6, riboflavin, folat, asam pantotenat, dan niasin, serta sejumlah kecil vitamin lainnya. Pisang juga mengandung mineral seperti fosfor, kalsium, mangan, magnesium, dan tembaga.

Karbohidrat dan Kalori dalam PisangPisang adalah sumber nutrisi yang baik dan 100 gram pisang mentah mengandung sekitar 89 kalori dan 23 gram karbohidrat.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

1. Penurunan berat badan

Pisang bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena satu pisang memiliki sekitar 90 kalori saja. Mereka mengandung banyak serat juga dan mudah dicerna. Selain itu, buah ini tidak mengandung lemak. Oleh karena itu, orang yang kelebihan berat badan tidak harus makan terlalu banyak jika diet mereka mengandung pisang karena mereka sangat mengenyangkan.

Serat tersebut juga tidak akan membuat orang merasa lapar dengan menghambat pelepasan hormon lapar, ghrelin. Zat ini akan mengurangi makan berlebih dan juga membantu penurunan berat badan. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 juga menunjukkan bahwa manfaat mengonsumsi pisang adalah dapat membantu meningkatkan metabolisme, sehingga membantu dalam penurunan berat badan.

2. Memperkuat Tulang

Kehadiran fructooligosaccharide, suatu prebiotik, adalah bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan kita yang meningkatkan asupan mineral dan nutrisi oleh tubuh. Manfaat buah pisang juga terkait dengan peningkatan penyerapan kalsium.

Kalsium adalah unsur terpenting dalam produksi dan pertumbuhan kembali tulang di dalam tubuh. Nutrisi ini juga mengurangi kemungkinan kita terkena osteoporosis dan kelemahan alami.

3. Zat anti-inflamasi

Penelitian kolektif di Departemen Farmasi, Universitas Aston, Birmingham, Inggris dan Sekolah Ilmu Kesehatan dan Olahraga, Universitas London Utara, Inggris, menunjukkan bahwa senyawa di dalam pisang bersifat anti-inflamasi, yang berarti bahwa manfaat buah pisang adalah dapat mengurangi pembengkakan, peradangan, dan iritasi di dalam tubuh seperti kondisi seperti radang sendi dan asam urat.

4. Meningkatkan Penglihatan

Pisang, seperti banyak buah-buahan lainnya, dikemas dalam buah yang mengandung antioksidan dan karotenoid, serta campuran mineral yang sehat yang dapat secara baik dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Degenerasi makula, katarak, rabun senja, dan glaukoma semuanya telah terbukti berkurang dengan asupan normal pisang dan buah-buahan serupa lainnya.

5. Meningkatkan Berat Badan

Pisang bisa bermanfaat untuk menambah berat badan. Ketika dikonsumsi dengan susu, pisang membantu meningkatkan berat badan seseorang dengan cepat. Susu menyediakan protein yang diperlukan dan pisang menyediakan gula dan karbohidrat.

Selain itu, karena pisang mudah dicerna, orang yang kekurangan berat badan dapat menelan 5-6 pisang dalam sehari selain dari makanan biasa tanpa mengalami gangguan pencernaan. Ini mengarah pada asupan tambahan 500-600 kalori, yang sangat diperlukan untuk penambahan berat badan. Karena pisang memiliki kemampuan untuk menyediakan energi instan, olahragawan makan pisang selama istirahat di sela-sela permainan untuk tambahan energi.

6. Meredakan Ambien (Wasir)

Pisang telah digunakan sebagai obat alami untuk ambien karena kandungan seratnya yang tinggi memudahkan buang air besar. Efek pencahar mencegah segala jenis ketegangan, sehingga memberikan bantuan dan menyembuhkan wasir (pembengkakan pembuluh darah di sekitar daerah anus).

7. Zat Anti-ulcerogenik

Secara tradisional, pisang telah digunakan sebagai makanan antasida untuk meredakan sakit perut karena pisang juga dapat menekan sekresi asam. Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Pharmacology mengklaim bahwa pisang memiliki sifat anti-ulcerogenik. Inhibitor protease dalam pisang menghilangkan bakteri berbahaya yang telah dikaitkan dengan perkembangan sakit maag.

8. Mencegah Gangguan Ginjal

Sebuah studi tahun 2005 menunjukkan bahwa potasium dan berbagai antioksidan dalam pisang membantu meredakan ketegangan pada ginjal dan mendorong buang air kecil. Ini dapat membantu menjaga agar racun tidak menumpuk di dalam tubuh.

9. Membantu Pengobatan Darah rendah

Penelitian yang dilakukan di Hypertension Institute, AS menyatakan bahwa potasium memainkan peranan penting dalam mengelola tingkat tekanan darah yang sehat. Karena pisang merupakan sumber kalium yang kaya, pisang membantu mengurangi tekanan darah.

Potasium membantu meredakan ketegangan di arteri dan vena, sehingga darah dapat mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh dan memberi oksigen pada berbagai organ untuk meningkatkan fungsinya. Hal ini dapat membantu menghilangkan aterosklerosis dan stroke serta serangan jantung yang sering dikaitkan dengannya. Serat dalam pisang juga mengikis kelebihan kolesterol dari arteri dan pembuluh darah dan selanjutnya mengurangi stres pada sistem kardiovaskular sebagai salah satu manfaat pisang.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204