15 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Jiwa dan Raga Anda

Manfaat Berenang – Berenang adalah hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, terutama ketika Anda memiliki danau yang indah atau kolam renang lokal untuk berenang di musim panas. Ini adalah kegiatan yang disukai anak-anak karena mereka bermain-main selama berjam-jam, ditambah seluncuran air dan papan selam juga selalu menyenangkan. Keasyikan yang dibawa berenang kepada Anda hanyalah sebagian kecil dari yang bisa didapatkan, karena berenang adalah salah satu bentuk olahraga terbaik dunia.

Manfaat berenang sangat besar dan luas. Ini adalah jenis olah raga yang sangat menyenangkan dan memiliki banyak manfaat kesehatan baik itu mental maupun fisik. Jadi, mari kita langsung ke sana dan bicarakan mengapa Anda harus berenang, menemukan kolam renang terdekat dan melompatlah ke dalamnya secepat mungkin.

Manfaat Berenang

1. Berenang Itu Sedikit Membebani Sendi

Hal ini adalah Sesuatu yang akan dihargai oleh siapa saja yang memiliki masalah persendian, masalah tulang, atau radang sendi adalah bahwa berenang sangat enak pada persendian. Sekarang, olahraga yang memberi tekanan pada sendi bisa menyehatkan tulang dan sendi Anda, tetapi itu hanya berlaku jika Anda sudah memiliki sistem kerangka dan sendi yang sehat.

Jika Anda sudah menderita cedera tulang atau sendi, maka latihan yang memberi terlalu banyak tekanan atau berat pada mereka akan merugikan dan mungkin juga cukup menyakitkan. Air membuat Anda terapung, ditambah lagi dengan berenang, tidak mengharuskan Anda untuk membebani kaki, atau lengan Anda. Karena itu, Anda bisa berolahraga dengan baik tanpa merusak tulang dan persendian.

Olah raga ini adalah sesuatu yang sangat bermanfaat bagi para lansia yang mungkin menderita masalah pada kondisi kesehatan yang berkaitan dengan persendian. Orang tua masih perlu olahraga yang baik, tetapi harus jenis yang tidak menyakiti lutut atau pergelangan kaki.

Berenang adalah bentuk olahraga yang sangat intens dan berat yang dapat dilakukan seperti berlari atau bersepeda, hanya saja tanpa tekanan dan beban terlalu berat pada tulang dan sendi.

2. Anak-Anak Yang Berenang Akan Menjadi Orang Dewasa yang Aktif

Berenang adalah kegiatan penting untuk membantu memerangi angka obesitas di masa kanak-kanak, dan selain itu olah raga ini juga menyenangkan. Berenang memiliki ketiga elemen aktivitas fisik yang direkomendasikan untuk menjaga anak tetap sehat: daya tahan, kekuatan, dan fleksibilitas.

Berenang memberi anak-anak cara untuk menjaga dan menumbuhkan keterampilan, dan dedikasi untuk menjaga kehidupan yang lebih sehat sebagai orang dewasa nanti.

3. Manfaat Berenang Membuat Anda Lebih Cerdas

Melakukan olahraga teratur, seperti berenang, meningkatkan fungsi memori dan keterampilan berpikir. Hal ini bagus tidak hanya untuk pelajaran di ruang kelas dan pekerjaan, tetapi juga bermanfaat bagi kita seiring bertambahnya usia.

Olahraga yang teratur mengurangi peradangan dan resistensi insulin di otak, yang mendorong pertumbuhan sel otak baru. Berenang juga meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan, dan stres, yang meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir lebih efisien.

4. Berenang Sangat Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan

Hal berikutnya yang kita semua bisa kagumi tentang berenang adalah bahwa olah raga ini sangat luar biasa manfaatnya untuk penurunan berat badan. Berenang adalah bentuk olahraga yang cukup intens untuk dilakukan, yang benar-benar dapat membakar lebih banyak kalori daripada berlari, setidaknya jika Anda berenang dengan kecepatan yang baik.

Sederhananya, berenang 10 menit dapat membakar 60 hingga 150 kalori tergantung pada level berenang yang Anda lakukan. Sebagai perbandingan, berenang sebenarnya membakar lebih banyak kalori daripada berlari dalam jumlah waktu yang sama, ditambah Anda tidak perlu khawatir tentang keringat yang bisa masuk ke mata Anda, atau membasahi baju yang membuat kondisi tidak nyaman.

5. Berenang Mengajar Keterampilan Membangun Tim

Perenang di tim atau di kelas berenang memiliki keterampilan membangun tim yang lebih baik. Para perenang belajar untuk bekerja bersama, saling mendorong, berkomunikasi, dan menjadi pemimpin. Semua keterampilan ini diterjemahkan menjadi pemimpin yang efektif di masa dewasa. Keterampilan membangun tim mendorong kolaborasi, orientasi tujuan, inspirasi, pengembangan strategi, dan koordinasi, yang semuanya menghasilkan karier dan hubungan profesional yang sukses.

6. Berenang Melambat Penuaan

Tidak ada pil rahasia untuk hidup lebih lama, tetapi kolam itu seperti mata air awet muda. Berenang secara teratur dapat menunda efek penuaan dengan mengurangi tekanan darah, meningkatkan massa otot, meningkatkan oksigen dan aliran darah ke otak, dan meningkatkan kesehatan jantung. Berenang juga dapat meningkatkan kekuatan fisik dan keseimbangan pada manula. Lansia yang menderita nyeri sendi bisa mengenai kolam renang untuk meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi peradangan sendi. Terakhir, olahraga berdampak rendah ini lebih mudah bagi tubuh.

7. Berenang itu Baik untuk Asma

Berenang sangat bagus untuk orang yang menderita kondisi paru-paru kronis seperti asma. Penderita asma, terutama mereka yang menderita asma akibat olahraga, dapat mengalami masalah karena kehilangan panas dan kelembaban dalam tabung bronkial menyebabkan tabung berkontraksi. Ini terjadi ketika udara kering dan / atau dingin di luar. Berenang adalah latihan terbaik untuk pasien asma karena uap air dari air menggantikan kelembaban yang dikeluarkan selama pernafasan yang kuat.

8. Berenang Membantu Membuat Anda Lebih Fleksibel

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari berenang secara teratur adalah membantu tubuh Anda lebih fleksibel. Kita semua tahu bahwa Anda harus melakukan peregangan sebelum melakukan jenis olahraga apa pun. Ini untuk melenturkan sendi dan otot Anda, menghangatkannya, dan membuatnya siap untuk bergerak dengan kecepatan tinggi, serta bergerak dengan cara yang tidak biasa Anda lakukan.

Peregangan yang konstan akan membantu membuat Anda lebih fleksibel dari waktu ke waktu, sehingga meningkatkan rentang gerak Anda dan mengurangi kemungkinan menderita cedera karena melakukan latihan.

9. Membantu Memperkuat Otot

Sejauh ini salah satu manfaat terbesar yang akan Anda dapatkan dari berenang secara teratur adalah bahwa olah raga ini akan membantu memperkuat semua otot di tubuh Anda. Berenang membutuhkan banyak kekuatan untuk dilakukan, terutama jika Anda berenang untuk waktu yang sangat lama dan jika Anda berenang dengan kecepatan tertinggi.

Air mungkin tidak tampak seperti penghalang yang sangat besar, tetapi air memberikan lebih dari cukup perlawanan untuk membebani otot Anda secara substansial saat melakukan gerakan untuk bergerak dalam air.

10. Berenang Sangat Bagus Untuk Jantung dan Paru-Paru Anda

Namun manfaat besar lain yang Anda peroleh dari berenang secara teratur adalah latihan kardiovaskular yang fantastis dengan banyak manfaat untuk jantung dan paru-paru Anda. Cara menyenangkan untuk memperkuat jantung dan paru-paru Anda, serta meningkatkan efisiensinya, adalah melatihnya melalui latihan kardio, seperti halnya latihan kekuatan membangun massa otot murni.

Berenang pasti akan membuat jantung Anda memompa darah lebih cepat dan paru-paru Anda akan terus berkontraksi naik-turun, karena itu berolahraga dengan cukup baik akan melatih mereka. Latihan kardio yang baik memiliki kemampuan untuk meningkatkan efisiensi jantung Anda, membiarkannya memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh Anda dengan sedikit usaha. Ini memiliki efek menurunkan detak jantung istirahat Anda, mengendalikan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan arteri, dan menghentikan serangan jantung dan stroke di jalurnya.

11. Manfaat berenang untuk Membangun Daya Tahan

Sesuatu yang sedikit kami sentuh pada poin sebelumnya adalah bahwa berenang bisa sangat membantu meningkatkan daya tahan Anda. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, berenang.

12. Perenang Akan Jadi Lebih Percaya Diri

Manfaat berenang lainnya adalah bahwa olahraga ini sebenarnya bisa membuat Anda menjadi orang yang jauh lebih bahagia dan lebih santai. Ini ada hubungannya dengan fakta bahwa otak Anda melepaskan zat kimia yang mempengaruhi saraf tertentu ketika Anda melakukan latihan yang intens seperti berenang. Neurokimia ini sering dikenal sebagai bahan kimia yang membuat perasaan senang karena efek positifnya.

Singkatnya adalah bahwa olahraga seperti berenang dapat membantu meringankan efek kecemasan, membantu mengurangi gejala depresi, dan juga membunuh stres, semua hal yang akan mengubah Anda menjadi orang yang jauh lebih bahagia.

13. Perenang cenderung hidup lebih lama

Anda ingin hidup selama mungkin, berenang sepertinya menjadi salah satu cara meraih hal itu. Dalam sebuah studi terhadap 80.300 peserta yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, para peneliti mengamati jenis olahraga apa yang paling mampu mengurangi risiko kematian karena semua penyebab. Sementara bersepeda mengurangi risiko sebesar 15 persen dan berlari tidak menunjukkan perubahan signifikan, berenang mengurangi risiko sebesar 28 persen.

14. Membangun Kekuatan Tulang

Massa tulang berkurang dengan bertambahnya usia, terutama pada wanita. Manfaat Berenang dapat membantu mencegah keropos tulang yang dipicu oleh usia dan bentuk-bentuk latihan aerobik lainnya. Ini juga bermanfaat bagi mereka yang menderita nyeri sendi atau radang sendi. Para ilmuwan melakukan percobaan dan menemukan bahwa manfaat berenang salah satunya adalah memperbaiki osteoporosis, membantu meningkatkan massa tulang, dan memperkuat tulang.

15. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Tidak perlu khawatir bahwa berenang membutuhkan banyak koordinasi antara kaki, lengan, kepala, dada, dan mata. Baik itu untuk tujuan rekreasi, terapi, atau kompetisi, manfaat berenang dapat membantu meningkatkan gerakan seluruh tubuh Anda dan koordinasi antara anggota tubuh dan inti.

Demikian adalah beberapa manfaat berenang yang harus kita ketahui. Sudah tau kan apa yang harus kita lakukan? Yak, rutinlah berenang untuk menjadikan tubuh kita tetap sehat. Lihat beberapa manfaat badminton untuk kebugaran tubuh kita.