10 Olahraga Terbaik untuk Kesehatan

Untuk orang yang memiliki kepedulian tinggi terhadap dirinya, pasti akan mengetahui bahwa olahraga merupakan sebuah aktivitas penting agar badan tetap sehat sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Pada nyatanya, banyak sekali orang-orang Indonesia masih menganggap sepele olahraga, selain dianggap ribet dan juga tentunya alasan utama orang Indonesia tidak ingin berolahraga karena mereka malas, jadi inilah beberapa tipe olahraga yang bisa saja cocok dengan karakter kalian.

1. Berenang

Berenang adalah olahraga yang sangat luar biasa untuk jantung manusia. Olah raga Ini juga merupakan aktivitas yang memiliki stres dan beban yang rendah bagi tubuh. Dengan rutin melakukan olah raga ini, dapat membuat kamu tetap pada berat badan yang sehat dan ideal.

Selain itu, olah raga terbaik ini dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, dan membangun otot, semua selain membakar kalori. Yang terbaik, kamu dapat berenang kapan saja sepanjang tahun di kolam renang indoor. Selain itu, olah raga ini juga sangat mengasyikan dan sering menjadi sarana rekreasi banyak orang.

2. Tenis

Satu jam bermain tenis bisa membakar 600 kalori, membuatnya setara dengan jogging dan bersepeda sebagai salah satu kegiatan aerobik dan olahraga terbaik. Semua permainan tenis akan membuat kita melakukan sprint kecil, pivot, slam, dan serve.

Di tenis juga, dapat menyalurkan kekuatan tangan dan kaki, juga mengharuskan pemain mengerahkan energi dalam ledakan singkat namun kuat. Menjadikannya salah satu olah raga tersehat untuk dilakukan.

3. Mendayung

HFR telah melaporkan manfaat kesehatan mendayung yang hampir tiada akhir, yang berpengaruh pada beberapa hal mulai dari penurunan berat badan yang efektif, risiko cedera yang rendah, dan peningkatan kekuatan otot. Mendayung dapat dilakukan di dalam ruangan dengan menggunakan mesin dayung, atau, melakukan beberapa latihan mendayung, di luar ruangan yang bagus (tentunya harus dilakukan di danau, waduk, sungai atau area air yang luas).

4. Squash

Forbes telah menyebut squash olahraga paling sehat nomor 1 di dunia selama bertahun-tahun dan secara berturut-turut. Olah raga ini mampu membakar kalori, meningkatkan kebugaran aerobik, meningkatkan fleksibilitas, mengembangkan kekuatan dan kekuatan, dan meningkatkan koordinasi tangan dan mata.

Btw, jika sobat banyak yang gak tau apa itu squash, sebenarnya mudah banget. Olah raga ini adalah tenis dinding asal Inggris. Olah raga ini sangat unik karena 2 pemain yang bertarung malah sejajar menghadap sisi dinding yang sama dan saling berbalas pukulan. Walau tidak lazim di Indonesia, tapi dia termasuk olahraga terbaik di dunia untuk kesehatan.

5. Basket

Bola basket tidak hanya merupakan permainan yang sangat melelahkan, tetapi juga meningkatkan kesehatan kita di berbagai tingkatan. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga ini meningkatkan kesadaran spasial, mendorong kemampuan pengambilan keputusan, mengurangi stres, sangat membantu dengan koordinasi, dan mengembangkan kepercayaan diri.

Untuk setiap jam pertandingan bola basket yang kompetitif, seseorang yang beratnya 165 pon dapat membakar sekitar 600 kalori, sementara yang memiliki berat 250 kilogram dapat membakar hingga 900 kalori.

Walaupun olahraga ini sangat identik dengan pemain tinggi (karena olah raga ini juga berpengaruh pada pertumbuhan), tetapi pemain yang kurang tinggi juga sangat enjoy untuk bermain olah raga ini.

6. Bersepeda

Musim khas untuk bersepeda berlangsung selama bulan Mei dan Juni di mana jutaan acara dan balapan berlangsung setiap tahun secara global. Tetapi kita tidak perlu berusaha memenangkan Maillot Jaune untuk masuk ke olahraga yang hebat ini.

Kelas bersepeda menyenangkan dan tersedia di mana-mana. Bersepeda adalah cara berdampak rendah untuk membakar kalori secara serius, tetapi juga membuat kita lebih bahagia dan membuat otak kita lebih kuat. Aurthur Kramer berkata tentang bersepeda: “Penelitian kami menemukan bahwa setelah hanya tiga bulan, orang yang berolahraga memiliki volume otak tiga tahun lebih muda.”

Dampak ini sangatlah mengejutkan untuk tingkat olahraga yang sangat mudah dan sangat menyenangkan ini.

7. Ski Lintas Alam

Ski Nordic membakar lebih banyak kalori daripada bentuk olahraga atau olahraga lainnya. hingga 1.122 kalori per jam untuk pendakian gunung yang kuat! Pemain ski juga sekitar 40 persen lebih bugar daripada individu yang sehat secara fisik, menunjukkan bahwa latihan seluruh tubuh yang disediakan oleh ski lintas-negara sangat efektif dan termasuk olah raga terbaik untuk dilakukan.

8. Berlari

Berlari bukan hanya olahraga orang muda karena orang-orang yang berlari secara teratur cenderung mengalami kehilangan tulang dan otot seiring bertambahnya usia dengan kecepatan yang lebih lama.

9. Bola Voli

Bola voli masuk dalam daftar olahraga terbaik yang paling sehat karena meningkatkan laju metabolisme, membangun kelincahan, memperkuat koordinasi, dan meningkatkan suasana hati.

Selain itu, olahraga tersehat ini juga membakar banyak kalori. Harvard Medical School melaporkan seseorang dapat membakar antara 90 hingga 133 kalori selama permainan setengah jam bola voli non-kompetitif, non-pantai, tergantung pada berat badan seseorang, sementara permainan olahraga bola voli yang kompetitif membakar antara 120 hingga 178 kalori.

10. Senam

Senam membentuk atlet untuk menjadi fleksibel, kuat, dan dalam kondisi sangat baik. Setiap kali pesenam masuk ke dalam gimnasium mereka dipanggil untuk menggunakan semua fasilitas mental dan fisik mereka untuk memenangkan kompetisi. Hal ini disebabkan karena partisipasi dalam senam tidak hanya menawarkan keuntungan fisik, itu juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus mental.

Senam memungkinkan anak-anak memiliki kesempatan untuk berpikir untuk diri mereka sendiri, untuk merangsang imajinasi mereka dan untuk menyelesaikan masalah dengan baik.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Prabowo Sakti
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204