10 Manfaat Tenis Untuk Kesehatan Tubuh

Tennis benar-benar olahraga global, dimainkan oleh segala usia dan latar belakang. Seni permainan olahraga sederhana yang memukul bola melewati jaring dengan raket telah menjadi kegemaran jutaan orang.

Anda tidak perlu menunggu sampai Wimbledon untuk menikmati manfaat kardio dan otot yang diberikan oleh manfaat tenis dalam permainan reguler. Mendapatkan tubuh Rafael Nadal, atau stamina Novak Djokovic, membutuhkan banyak usaha yang keras, tetapi bahkan pemain tenis ameteur sekalipun akan memetik hasil kebugaran yang sangat berdampak pada kehidupan.

Tunggal, ganda atau melawan dinding dengan bermain sendiri, tenis adalah kegiatan yang hebat yang dapat membuat Anda bugar walaupun Anda berusia 5 atau 95 tahun. Ini membuat sistem kardiovaskular dan otot Anda dalam kondisi prima bahkan saat bertambah usia. Plus, Anda tidak bisa mengalahkan permainan mental strategis yang memungkinkan Anda menikmati udara segar di luar ruangan.

Berikut adalah ringkasan 10 manfaat tenis untuk anda. Jika anda menyukainya, baca terus hingga akhir untuk mengetahui keterangan tentang manfaat tenis yang terpenting bagi kita.

  • Latihan seluruh tubuh
  • Meningkatkan kesehatan aerobik dan anaerob
  • Membakar kalori dan lemak
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan koordinasi
  • Meningkatkan kekuatan otak
  • Merupakan latihan silang yang bagus untuk olahraga lain
  • Meningkatkan keterampilan disiplin dan sosial
  • Meningkatkan mood

1. Latihan seluruh tubuh

Tidak seperti olahraga lainnya, bermain tenis adalah latihan yang brilian dan akan mempengaruhi kesehatan untuk seluruh tubuh. Anda menggunakan tubuh bagian bawah untuk berlari, berpindah, berhenti dan mulai, melompat dan berjongkok. Dan tindakan memukul bola tenis, apakah itu satu atau dua tangan, berarti bagian tubuh atas Anda melakukan banyak pekerjaan juga, khususnya bahu dan punggung atas Anda. Yang akan membuat manfaat tenis terasa untuk melatih seluruh tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan aerobik dan anaerob

Tenis meningkatkan asupan oksigen Anda saat bermain, meningkatkan detak jantung Anda dan membantu darah Anda memberikan oksigen dan nutrisi ke semua otot Anda. Ini juga membantu dalam pengembangan banyak aliran darah kapiler dan kapiler di dalam otot sehingga otot Anda dapat memiliki pasokan dan aliran darah yang lebih besar agar menjaganya dapat bekerja dengan baik.

Manfaat tenis Ini membantu otot Anda tampil pada tingkat yang lebih tinggi dan akan merasa kelelahan pada kecepatan yang lebih lambat. Ini juga membantu menjaga kesehatan anaerob, yang memungkinkan otot untuk menggunakan oksigen dengan cara yang lebih baik dan memberikan ledakan energi cepat untuk daya ledak dan gerakan reaktif yang cepat, karena reaksi untuk mengejar dan memukul bola.

3. Membakar kalori dan lemak

Berlari, berayun, mengejar, berputar – tenis bisa menjadi latihan yang efektif apabila dengan lawan yang tepat. Ini adalah olahraga yang menjangkau seluruh tubuh, dan Anda dapat membakar banyak kalori karena Anda terus bergerak. Faktanya, bagi banyak orang, bermain tenis sebenarnya dapat membakar lebih banyak kalori daripada jenis aktivitas fisik populer lainnya, termasuk bersepeda santai, angkat berat, bermain golf, menari atau bermain bola voli.

Hasilnya, mamfaat bermain tenis secara teratur terbukti membantu mengurangi lemak tubuh. Tenis tunggal dapat membakar antara 400-600 kalori per jam. Itu tidak buruk untuk olahraga rekreasi yang menyenangkan dan dapat dimainkan oleh siapa saja.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Bermain tenis tidak hanya baik untuk otot Anda saja, namun manfaat tenis memiliki dampak positif pada tulang Anda juga. Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan massa tulang puncak Anda dan dapat memperlambat laju kehilangan massa tulang dari waktu ke waktu.

Menurut National Institutes of Health (NIH), massa tulang memuncak sekitar usia 30 dan mulai menurun setelah itu. Anda dapat memaksimalkan massa tulang sebelum usia tersebut melalui olahraga, dan terus berolahraga setelah usia 30 dapat memperlambat laju kehilangan tulang. NIH menyebut tenis sebagai salah satu kegiatan menahan beban yang cocok untuk membangun tulang yang kuat.

5. Sehat jantung

Petenis hebat Bjorn Borg secara akurat menandai pertandingan tennis sebagai “seribu sprint kecil.” Gerakan cepat anaerob yang dituntut oleh olahraga ini akan membakar lemak, meningkatkan detak jantung Anda dan meningkatkan tingkat energi yang lebih tinggi.

Pertandingan tenis tipikal dapat berlangsung dari satu hingga dua jam dan pada interval yang optimal untuk meningkatkan kesehatan jantung, dan manfaat tenis yang penting adalah untuk menurunkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

6. Meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan koordinasi

Tenis membutuhkan kerja sama seluruh tubuh. Kaki mengarahkan Anda ke posisi yang tepat, lengan dan tangan memposisikan raket untuk melakukan kontak dengan bola, dan batang tubuh serta kaki memberikan kekuatan untuk mengirim bola terbang melewat jaring untuk mencetak skor.

Semua faktor ini bersatu setiap kali Anda memukul bola, dan setiap tembakan membutuhkan fleksibilitas, koordinasi, dan keseimbangan. Fleksibilitas sangat baik karena dapat memberi Anda rentang gerakan yang lebih luas, membantu mencegah cedera, dan bahkan mengurangi ketegangan otot sebagai bonus manfaat tenis bagi tubuh.

7. Meningkatkan kekuatan otak

Tenis membentuk otak untuk menjadi kreatif, dan itu melibatkan perencanaan, pemikiran taktis, ketangkasan dan koordinasi berbagai bagian tubuh. Jadi, semakin Anda bermain tenis, semakin baik dan kuat koneksi saraf yang terkait dengan jenis-jenis kegiatan itu, dan semakin baik Anda dalam memikirkan dan menggunakan mereka.

Selain meningkatkan koneksi saraf dan mengembangkan neuron baru, studi menunjukkan bahwa latihan yang membutuhkan banyak pemikiran – seperti manfaat tenis – sebenarnya dapat meningkatkan fungsi otak dengan cara yang membantu memori, pembelajaran, keterampilan sosial dan perilaku.

8. Merupakan latihan silang yang bagus untuk olahraga lain

Tenis melibatkan perubahan arah dengan kecepatan tinggi saat Anda berlomba di sekitar lapangan untuk mengembalikan serve dan pukulan lob atau smash. Ini membutuhkan 300 hingga 500 ledakan energi per pertandingan, menurut para peneliti. Dan Anda akan menjalankan setara dengan tiga hingga lima mil. Efeknya? Bermain tenis adalah cara yang bagus untuk mempercepat berlari dan melatih ketahanan Anda.

9. Meningkatkan keterampilan disiplin dan sosial

Tenis membuat Anda lebih disiplin karena keterampilan yang dibutuhkan untuk menguasai permainan membutuhkan kesabaran, waktu, dan dedikasi. Hal ini membutuhkan banyak waktu yang dihabiskan untuk berlatih dan fokus untuk menjadi lebih baik. Manfaat.Tenis membantu Anda mencapai tingkat sosialisasi yang lebih baik karena Anda harus berinteraksi dengan pemain yang berbeda pada setiap pertandingan.

10. Meningkatkan mood

Pemain tenis lebih optimis, memiliki harga diri yang lebih besar dan tidak terlalu cemas, marah dan tertekan dibandingkan orang yang bermain olahraga lain atau tidak banyak bergerak, menurut para ilmuwan di Connecticut. Manfaat tenis ini bisa di dapatkan bahkan saat pertama mencoba bermain tenis.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204