10 Manfaat Memanah yang Baik Bagi Kesehatan

Bagian terbaiknya adalah manfaat memanah ini tidak hanya berlaku untuk pemanah dewasa tetapi juga untuk anak-anak. Jika Anda seorang pemula atau memiliki anak yang mungkin ingin Anda masuki dalam memanah tetapi tidak memedulikannya, maka 10 manfaat panahan ini ditujukan khusus untuk Anda.

1. Koordinasi dan keseimbangan mata-tangan yang lebih baik

Panahan melatih tangan untuk bekerja bersama sambil melakukan tugas yang berbeda, mengarahkan dan menembakkan panah berdasarkan masukan dari mata Anda. Semua itu diatur oleh otak yang melakukan koordinasi pada semua aspek tadi.

Koordinasi meningkat dengan pengulangan dan latihan. Keseimbangan juga sangat penting untuk keberhasilan dalam memanah, karena tubuh harus tetap diam saat membidik dan menembak. Seiring waktu, inti menjadi lebih baik dalam mendapatkan kontrol keseimbangan tubuh dan membantu dengan membidik yang lebih akurat.

2. Fleksibilitas tangan dan jari

Kekuatan jari dan tangan bertambah dalam memanah. Mereka juga menjadi lebih fleksibel karena mereka sepenuhnya digunakan saat membidik sasaran. Dengan terbiasa nya tangan dalam melakukan bidikan, jari dan tangan juga akan menjadi lebih kuat sebagai manfaat memanah.

3. Membangun kekuatan

Lengan, perut, tangan, dada, dan bahu semua digunakan saat berlatih untuk dapat membidik dengan tepat. Mirip dengan mengangkat beban, ketegangan pada kelompok otot ini biasanya dipertahankan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan tali untuk menembakkan panah. Dengan pengulangan, tindakan membidik dan menembakkan busur mengarah pada manfaat memanah dimana merupakan perkembangan otot di sebagian besar kelompok otot utama tubuh bagian atas.

4. Meningkatkan kesabaran

Kebanyakan orang dapat menggunakan pelajaran dalam kesabaran, dan memanah membantu dengan cara itu. Ini adalah olahraga yang membutuhkan kesabaran karena ini bukan tentang kecepatan tetapi tentang ketepatan – dan ketepatan bisa memakan waktu.

5. Peningkatan fokus

Pemanah perlu menghilangkan semua gangguan dalam fikiran, fokus pada bidikannya, dan melepaskan tali busur secara konsisten. Konsentrasi yang dipraktikkan selama memanah dapat membantu mengatasi situasi tekanan tinggi, dan dalam kehidupan

6. Meningkatkan kepercayaan diri

Dalam memanah, persaingan dalam lomba bisa saja melawan orang lain atau bahkan melawan diri sendiri. Karena itu, hasilnya dapat diukur dan peningkatan dalam bentuk dan teknik seseorang menghasilkan dorongan pada harga diri dan kepercayaan diri.

7. Adalah olahraga sosial

Orang-orang dari segala usia dan dari berbagai kalangan menikmati panahan. Hampir setiap kelompok umur dapat berpartisipasi, para pesaing dari usia 6 tahun hingga usia 80-an melakukan olahraga ini. Manfaat panahan juga mengajarkan manfaat dari kerja tim dalam beberapa kasus dengan beberapa kompetisi yang melibatkan kelompok atau tim untuk meraih kemenangan.

8. Merupakan bentuk latihan

Di tingkat kompetisi, pemanah berjalan setara dengan lima mil (8 km), membawa beban berat selama acara dalam waktu seharian. Selain itu, majalah Prevention mengatakan menggambar busur membakar sekitar 140 kalori per setengah jam, sama seperti berjalan dengan kecepatan 3,5 mph. Kami menulis tentang manfaat panahan dalam kesehatan dan berjalan di sini.

9. Relaksasi

Melepaskan panah, melihatnya terbang, dan mengenai sasaran, bisa menghilangkan stres. Tindakan fokus sambil membangun kekuatan dan kepercayaan diri secara keseluruhan adalah pengalaman yang memuaskan dan santai sebagai manfaat panahan

10. Terbuka untuk semua

Panahan dapat dilakukan oleh orang yang normal bahkan orang difable. Orang-orang dengan difable paling parah atau seperti difable pada bagian kaki dan bahkan orang buta, menggunakan peralatan sentuhan khusus dan dapat bergabung – menjadikan ini olahraga keluarga yang hebat dan manfaat panahan bisa dirasakan oleh semua orang.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Prabowo Sakti
Prabowo Sakti

saya suka memberikan informasi yang kredibel atau bisa di percaya tentang seputar anime, tekno, internet, komik, game, tutorial Android maupun PC.

Articles: 204